Bisnis Rumahan 2019 Yang Menjanjikan dan Modal Kecil

Posted on

Bisnis RumahanBisnis rumahan bukanlah hal yang asing lagi ditelinga kita saat ini. Mungkin Anda juga berpikir demikian. Mendengar adanya kata “bisnis” di dalam kalimat itu, menambah daya tarik kebanyakan orang untuk mencari informasi yang lebih luas. Berbicara mengenai bisnis, sudah pasti akan mengarah kepada penghasilan dan uang. Ya, hal ini sangat menggiurkan sebagian besar orang. Apalagi banyaknya pebisnis yang telah sukses dan menjadi kelas kakap di negeri ini.

Berbedanya di sini, bisnis tidak dikerjakan di suatu perusahaan yang terikat melainkan dikerjakan di rumah. Meski sudah familiar, namun tampaknya masih banyak yang ragu akan hal ini. Untuk itu Anda perlu menyimak 15 ide bisnis rumahan yang menjanjikan serta patut dicoba di bawah ini.

Ide Bisnis Rumahan 2019:

Bisnis Online.

Istilah ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan, Anda pun kemungkinan besar sudah pernah menjadi konsumen bisnis Online. Zaman yang terus bergulir dan kecanggihan teknologi yang turut serta berkembang pesat telah menjadikan dunia tanpa batas. Hal ini sah-sah saja dimanfaatkan sebagian besar orang untuk mencari dan menjadikannya sebagai peluang usaha.

Peluang usaha yang paling terkait dengan hal itu adalah bisnis Online. Dari kata “Online” nya saja kita tentu tahu bahwa bisnis tersebut dilakukan dengan adanya koneksi internet. Anda hanya memerlukan gadget ataupun laptop, koneksi internet, supplier, serta barang yang akan dijual atau dipasarkan.

Terlebih dari hal itu, kepiawaian kita untuk mendapatkan konsumen adalah hal yang memang harus terus diasah. Mulailah dengan menuliskan caption menarik dan jelas pada setiap barang yang akan dijual. Usahakan terus menambah relasi dengan banyak orang untuk menjadikannya konsumen. Jika Anda tekun dan optimis menjalankannya, keuntungan yang besar menggiurkan sudah siap menunggu.

Les Privat.

Kalau bicara les privat, maka sudah sepatutnya membicarakan mengenai ilmu. Ya, keahlian mengajar dan ilmu yang Anda punya akan mengambil peranan utama dalam usaha rumahan yang satu ini. Berbicara peluang, bisnis yang satu ini sangat menjanjikan. Mengingat adanya standar kelulusan dan pentingnya nilai bagi para siswa di sekolah, menjadikan kebanyakan orang tua berlomba-lomba memasukkan anak mereka untuk ikut bimbingan belajar.

Namun, kendala yang sering dikeluhkan kebanyakan orang tua adalah tingginya biaya bimbingan belajar. Hal inilah yang kemudian bisa Anda manfaatkan untuk usaha rumahan yang menjanjikan. Barang-barang yang diperlukan untuk usaha yang satu ini juga tidak terlalu sulit. Anda hanya butuh ruangan, bangku serta meja. Tatalah tempat belajar senyaman mungkin, sehingga nantinya murid yang belajar di tempat Anda menyukainya.

Katering.

Jangan sia-siakan keahlian Anda dalam memasak. Anda harus bisa memanfaatkannya sebagai bisnis rumahan. Jika selama ini banyak orang yang berjualan langsung masakan di kedai nasi atau warung pinggir jalan, maka untuk bisnis yang satu ini, Anda hanya perlu melakukannya di rumah dan melakukan promosi dan memberi tahu orang bahwa Anda menerima catering. Untuk media promosi, Anda bisa menggunakan media sosial dan juga mempromosikannya secara langsung. Mulailah dari orang-orang terdekat seperti tetangga.

Jika lokasi rumah Anda berjarak tidak terlalu jauh dari institusi pendidikan seperti kampus dan asrama, Anda bisa menawarkan catering rumahan Anda kepada para mahasiswa yang belajar di sana. Selain promosi dengan cara yang demikian, Anda juga perlu memasang banner di depan rumah Anda. Hal ini akan membuat setiap orang yang lalu lalang di depan rumah Anda bisa melihatnya.

Jual Paket Data dan Pulsa.

Melihat kebutuhan yang sangat tinggi akan pulsa dan paket data saat ini, menjadikan hal ini peluang bagi Anda untuk menghasilkan uang. Jangan khawatir soal lokasi, Anda bisa menggunakan rumah sebagai lokasi usaha yang satu ini. Anda bisa memajang banner di depan rumah Anda dan memperlihatkan kartu-kartu paket sehingga orang yang lewat berlalu lalang bisa melihat tempat usaha Anda.

Untuk menarikan perhatian, Anda bisa memajang harga-harga promo di bagian banner usaha Anda. Jangan lupa untuk berkomunikasi baik dengan pelanggan sehingga mereka akan selalu mendatangi Anda ketika paket data atau pulsanya habis.

Laundri Rumahan.

Rasanya, usaha yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki lokasi rumah yang berdekatan dengan kosan. Maklum saja, mengingat orang-orang yang ada di dalam tempat kos tersebut pada umumnya adalah mahasiswa dan pekerja yang identik dengan kesibukan sehari-hari, maka ini peluang bagi Anda untuk menyediakan jasa cuci dan setrika bagi mereka.

Modal terbesar yang dibutuhkan untuk usaha ini adalah mesin cuci dan setrika baju. Kunci usaha ini selain harga yang terjangkau adalah pelayanan yang bagus, dimulai dari sikap ramah tama serta hasil cucian yang bersih, wangi, rapi, dan yang terpenting adalah tepat waktu.

Pengisian Ulang Air Minum.

Usaha yang satu ini tampaknya menjadi salah satu usaha andalan di perkotaan. Bagaimana tidak, mengingat banyaknya sungai yang tercemar ditambah dengan kepadatan penduduk yang relatif tinggi jika dibandingkan dengan desa, membuat masyarakat perkotaan sangat bergantung kepada pengisian ulang air minum. Dengan harga yang relatif terjangkau dan pelayanan delivery yang mudah, bisa menjadi daya tarik bagi pelanggan Anda nantinya.

Usaha ini pun akan memiliki permintaan yang tinggi saat musim kemarau tiba. Bicara mengenai omzet, sudah bisa dipastikan bahwa omzet yang didapat sangat menggiurkan. Anda bisa menarik konsumen terdekat yaitu tetangga sekitar rumah Anda. Jangan lupa, untuk usaha ini, Anda perlu menjaga kualitas air supaya pelanggan Anda puas dan tetap berlangganan untuk ke depannya.

Menjahit.

Bisnis yang bisa dilakukan dalam skala rumahan ini memang tidak ada matinya. Sejak dulu sampai sekarang, menjahit tetap eksis dan bahkan semakin berkembang. Untuk memulai usaha ini, Anda harus memiliki skill menjahit. Tapi, tidak perlu khawatir, karena masih banyak tersedia kursus menjahit yang bisa Anda manfaatkan untuk melatih skill menjahit sekaligus belajar. Ketika Anda merasa sudah memadai, maka saatnya untuk memulainya dengan menerima tempahan dari konsumen-konsumen Anda.

Untuk mendapatkan konsumen, sebisa mungkin Anda membuat promosi yang dan pengenalan yang menarik. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan banner di depan rumah Anda. Jangan berhenti untuk terus mengembangkan bakat Anda di bidang design karena hal ini membuka peluang lebih besar kepada Anda untuk mendapatkan penghasilan berlipat.

Selain itu, telah banyak contoh-contoh designer dan penjahit sukses yang awalnya mengembangkan bakat dan melatih skill mereka. Untuk usaha ini, yang terpenting Anda miliki adalah kain dan mesin jahit. Jika usaha ini terus berkembang, bukan tidak mungkin bagi Anda untuk membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain untuk menjahit di tempat Anda.

Baca juga: Cara Membuat Bros dari Kain Flanel

Agrobisnis Berupa Tanaman Hidroponik.

Terbatasnya kesediaan lahan saat ini tampaknya telah membuat pemikiran maju semakin berkembang. Termasuk dalam bidang budidaya sayuran. Memanfaatkan air sebagai media tanam telah mampu menjawab permasalahan keterbatasan lahan tersebut. Kualitas sayuran hidroponik ini juga sangat bagus mengingat media air yang digunakan menjadikannya tetap bersih dan terlihat segar. Menariknya, tanaman hidroponik ini bisa Anda budidayakan di rumah bahkan bisa dibuat sebagai usaha rumahan.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah memperkirakan modal awal dan keperluan apa saja yang dibutuhkan. Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah menentukan jenis tanaman yang ingin dibudidayakan. Untuk menjaga kelangsungan hidup tanaman hidroponik Anda, pastikan bahwa pencahayaan matahari cukup sampai ke tanaman Anda. Gunakanlah lampu sebagai pencahayaan tambahan.

Media pemasaran yang Anda gunakan bisa langsung menjualnya kepada pedagang atau rumah makan. Ingatlah, untuk terus bisa berkembang dengan usaha ini, Anda perlu mengikuti komunitas yang berkaitan dengan hidroponik sehingga pengetahuan dan ilmu Anda seputar bisnis di bidang hidroponik bisa terus berkembang.

Kerajinan Tangan dan Suvenir.

Usaha rumahan selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat kerajinan tangan dan suvenir. Hal ini sekaligus menjadi inspirasi bisnis rumahan. Jangan pernah sepele dengan usaha yang satu ini. Karena kreativitas yang dimiliki sangatlah mempengaruhi hasil dan tampilan yang diperoleh. Hal utama yang perlu Anda bangun adalah rancangan dan memperkirakan kerajinan tangan apa kira-kira bisa Anda buat dan kuasai. Setelah yakin, saatnya Anda mempromosikannya.

Bisa dimulai dengan memberitahukan kepada teman-teman terdekat dan tetangga di sekitar rumah Anda. Selain itu, mengingat zaman yang saat ini sangat melek dengan teknologi, sudah saatnya Anda turut serta memasarkan hasil kerajinan yang Anda buat secara Online. Jangan lupa untuk mencari relasi sehingga membuka kesempatan bagi Anda untuk mendapat orderan secara massal. Misalnya saja acara pernikahan maupun seminar. Tidak lupa juga acara-acara penting lainnya seperti ulang tahun. Keuntungan yang bisa diperoleh dengan usaha rumahan ini juga cukup menggiurkan mengingat bahan-bahan yang digunakan tidaklah harus selalu barang baru melainkan barang bekas.

Toko Kelontong.

Adapun rekomendasi usaha rumahan selanjutnya adalah membuka usaha toko kelontong. Dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda bisa menjadikannya sambilan sembari berada di rumah. Anda bisa menjual keperluan-keperluan rumah tangga seperti sabun cuci, jajan anak-anak, kebutuhan untuk mandi, dan juga sembako. Untuk memulai usaha ini, hal yang perlu Anda perhatikan adalah lokasi tempat tinggal Anda. Pastikan Anda berada di lokasi yang strategis untuk dikunjungi para pembeli. Untuk membuat usaha Anda semakin maju, Anda haruslah mendapatkan pelanggan tetap, untuk itu sebisa mungkin berikan harga yang terjangkau dan pelayanan yang bagus kepada mereka.

Kedai Sarapan.

Usaha rumahan yang bisa Anda kembangkan selanjutnya adalah kedai sarapan. Hal ini tentu dilakukan di pagi hari. Jangan pernah sepelekan usaha yang satu ini, karena nyatanya kedai sarapan kerap kali laris manis dan banyak yang membutuhkannya. Apalagi bagi para pekerja dan anak kuliahan yang tidak sempat memasak pagi hari, ini bisa menjadi alternatif yang sangat membantu untuk mengisi perut.

Namun ingat, yang perlu dikedepankan adalah kebersihan dan juga cita rasa masakan yang akan Anda jual. Semakin enak cita rasa makanan yang Anda jual, maka bisa dipastikan akan semakin banyak orang yang membeli di kedai sarapan Anda.

Bisnis Percetakan (print dan fotocopy)

Tingginya kebutuhan akan jasa percetakan, menjadikan usaha yang satu ini bisa menjadi peluang besar bagi Anda. Modal terbesar yang dibutuhkan untuk usaha ini adalah mesin fotocopy dan printer. Usaha ini dijamin semakin maju saat lokasi rumah Anda berdekatan dengan instansi baik itu pendidikan maupun pemerintahan. Hal ini sah-sah saja mengingat tingginya kebutuhan percetakan di kedua instansi tersebut.

Jika Anda sudah memiliki pelanggan yang banyak, bukan tidak mungkin Anda membutuhkan tambahan pekerja. Dengan kata lain, Anda bisa menyediakan lapangan pekerjaan kepada orang lain. Tips untuk usaha ini, selain menawarkan jasa percetakan, Anda bisa menjual alat tulis kantor dan juga minuman dingin. Biasanya hal ini cukup efektif mengingat banyaknya kebutuhan instansi tersebut akan barang-barang tersebut.

Jasa Pembuatan Desain Web.

Bermodalkan skill berupa desain web Anda bisa bekerja tanpa modal. Hanya menggunakan laptop/ komputer yang telah terkoneksi dengan jaringan internet. Namun sebelumnya Anda harus menawarkan jasa Anda, baik secara langsung maupun lewat Online. Media sosial tampaknya cukup efektif akan hal ini. Biasanya akan ada Nego harga dengan klien.

Pastikan kualitas desain web yang Anda hasilkan bagus dan menarik sehingga klien Anda puas dan mungkin saja memakai jasa desain web Anda di kemudian hari. Jika tekun dalam menggeluti bisnis ini, Anda bisa meraup jutaan rupiah per bulannya. Namun ingat, terimalah pekerjaan sesuai kemampuan Anda. Sebab keterlambatan bisa menjadi nilai minus bagi Anda. Usahakan tepat waktu dan menghasilkan desain yang bagus.

Agen Pembayaran Online.

Saat ini, kebutuhan akan jasa pembayaran bisa menjadi salah satu ladang meraup keuntungan. Peralatan yang Anda perlukan untuk usaha ini adalah laptop dan smarthphone yang telah terkoneksi ke jaringan internet. Namun sebelumnya Anda harus mendaftar terlebih dahulu menjadi agen pembayaran Online. Biasanya jasa yang ditawarkan adalah tagihan listrik, telepon, Internet, PDAM , TV berlangganan, kredit, dan jenis pembayaran lainnya.

Jangan lupa untuk mempromosikan diri dan memberitahu orang-orang di sekitar Anda tentang jasa yang Anda tawarkan. Semakin banyak yang tahu, maka akan semakin besar kesempatan Anda mendapatkan pelanggan. Itu berarti Anda akan berkesempatan mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi. Teruslah membangun relasi dalam bisnis ini serta tetap optimis.

Jualan Hijab Rumahan.

Jika Anda termasuk orang yang senang mengikuti perkembangan Fashion yang ada di pasaran, tentu bisa paham bahwa saat ini hijab sedang laris-larisnya. Mengingat semakin fashionable nya pemakaian hijab, membuat banyak orang yang antri di pasar untuk membeli hijab. Namun jangan salah, kesempatan yang demikianlah bisa menjadi celah bagi Anda untuk mengembangkan usaha.

Anda bisa menjual hijab di rumah Anda. Jangan lupa untuk mempromosikannya kepada tetangga sekitar. Bagi mereka ibu-ibu dan anak perempuannya, tentu bisa membeli hijab yang mereka inginkan ke tempat Anda. Berikanlah penawaran menarik kepada mereka sehingga mereka bisa terus berlangganan dengan Anda.

Baca Juga: Kerjinan Tangan dari Kain Perca

Nah, itulah penjelasan mengenai 15 bisnis rumahan yang patut dicoba Anda coba. Sekarang Anda tentu harus sudah paham bahwa bisnis tidak saja bisa dilakukan di perusahaan yang terikat namun juga bisa dimulai dari rumah. Perlu diingat bahwa Anda perlu menyesuaikan dengan skill dan kemampuan yang Anda miliki. Kemampuan yang dimaksud di sini juga termasuk modal yang Anda sanggupi untuk memulai usaha tersebut. Tetap optimis dan beranilah untuk memulai.