Cara Membuat Bros dari Kain Flanel dengan Mudah

Posted on
cara membuat bros dari kain flanel
foto: rumahflanel45.wordpress.com

Cara membuat bros dari kain flanel ternyata cukup mudah asal seseorang mau rajin dan rutin belajar membuatnya. Kreatif sebenarnya bukanlah bakat bawaan, melainkan minat yang terus diasah. Maka dari itu, jika Anda berminat membuat bros berbentuk bunga dari kain flanel, berikut adalah panduan cara membuat bros dari kain flanel untuk Anda.

Cara Membuat Bros:

Alat-alat yang Perlu Dipersiapkan

Sebelum membuat bros bentuk boneka atau bunga, siapkanlah peralatannya di bawah ini :

  1. Kain flanel warna hijau dan merah(untuk bunga, warna kain disesuikan dengan slera)
  2. Lem tembak
  3. Alat untuk lem tembak
  4. kertas untuk menggambar pola)
  5. 1 buah pulpen
  6. Lem
  7. Peniti untuk bros

Jika 8 alat di atas sudah Anda persiapkan, maka langkah selanjutnya adalah membuat bross dari kain flanel.

Cara Membuat Bros Kain Flanel Berbentuk Mawar

cara membuat bros mawar menggunakan kain flane
foto: youtube.com

Untuk membuat bros berbentuk bunga mawar, berikut ini adalah caranya :

1. Buatlah Pola Bentuk Melingkar

Langkah pertama dalam membuat bros bunga mawar dari kain flanel adalah dengan membuat pola di kertas. Buatlah pola lingkaran dengan ukuran diameter kurang lebih 2 cm. Ketika membuat pola lingkaran, buat pula pola garis melengkung ke dalam lingkaran. Setelah pola lingkaran selesai, maka buatlah pola daun dari kain flanel erwarna hijau yang telah Anda persiapkan. Gambarlah pola daun di kertas yang telah disesuaikan kemudian gunting pola tersebut.

2. Cetak Pola yang Digambar di Kertas pada Kain Flanel

Jika pola lingkaran dan daun telah selesai digunting, tahap selanjutnya adalah cetaklah pola dari kertas ke kain planel. Seperti panduan yang pertama, yakni membuat pola lingkaran, terapkan pola ini ke kain flanel sesuai warna yang Anda pilih. Kedua, terapkan pola kedua yakni daun ke kain flanel berwarna hijau.

3. Guntinglah Pola di Kain Flanel yang Sudah Dibuat

Jika pola sudah divetak di kalin flanel, maka cara yang selanjutnya adalah menggunting pola sesuai dengan gambar yang telah Anda buat. Dimulai dari pola yang mudah, yaitu daun, maka guntinglah kain flanel berwarna hijau sesuai dengan pola yang telah digambar. Jika sudah, maka langkh selanjutnya adalah gunting kain flanel sesuai pola lingkaran, dengan garis melengkung ke dalamnya. Pastikan bahwa pola lingkaran ini bisa digulung-gulung.

4. Gulunglah Pola Lingkaran

Cara selanjutnya memberdayakan kain flanel untuk membuat bros bunga mawar adalah dengan menggulung ujug bagian luar sampai dalam. Gulung semua bagian kain sampai membentuk bunga mawar. Jika sudah tergulung sampai terbentuk bunga mawar maka langkah yang terakhir adalah tempelkan daun dan pasanglah peniti di belakangnya.

Gunakan lem tembak yang telah Anda siapkan dan pasangkan di belakang kain flanel yang telah terbentuk menjadi bunga mawar. Nah, setelah peniti sudah ditempelkan, maka bros bunga mawar sudah siap untuk digunakan.

Baca juga: Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Limbah Organik

Cara Membuat Bros Dari Kain Flanel Bentuk Bunga

cara membuat bros bunga dari kain flanel
foto: tokopedia.com

Cara membuat bros dari kain flanel adalah dengan membuatnya menjadi bentuk bunga yang ditempeli mutiara. Berbeda dengan bunga mawar, bentuk bunga satu ini bisa dikatakan masih tergolong mudah dan simple. Hampir sama dengan bahan yang digunakan dalam membuat bros mawar, hanya saja untuk bunga satu ini memerlukan tambahan bahan mutiara dengan beberapa warna sesuai selera. Jika tambahan bahan dan alat sudah dipersiapkan, maka langkah selanjutnya adalah :

1. Buatlah Pola

Langkah pertama, adalah buatlah pola di kertas atau lansung pada kain flanel. Jika sudah membuat pola di kertas, maka buatlah pola lingkaran dengan diameter 4 cm sebanyak 5 buah. Sementara untuk pola lingkaran dengan diameter 2 cm, cukup buat satu buah saja. pastikan kain flanel untuk diameter 2 dan 4 cm berbeda warna. Setelah pola selesai digambar maka, guntinglah dengan teratur kain flanel tersebut.

2. Rangkai Pola yang Telah Dibuat

Tahap selanjutnya adalah rangkailah semua pola yang telah Anda gunting. Setelah digunting, maka tempatkan pola dengan diameter 2 cm sebagai alas untuk menumpuk pola lingkaran dengan diameter 4 cm yang telah digunting.

Baca juga: Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

3. Rangkailah Kain Flanel Menjadi Bunga

Setelah kain flanel diameter 2 cm dan 4 cm selesai dirangkai, maka buatlah pola kain flanel yang telah dipotong 5 buah tadi menjadi bunga. Caranya adalah lipatlah kain flanel menjadi dua bagian kemudian lipat ke dalam dari bagian sebelah kanan. Adapun untuk yang bagian sebelah kiri lipatlah ke bagian luar agar membentuk huruf ‘S’.

Jika sudah dilipat, maka rekatkan lipatan tadi menggunakan lem tembak. Tepel semua bagian yang telah dilipat dengan lem tembak agar tidak mudah mengurai lipatannya. Setelah semua lipatan sudah benar-benar rekat maka kain flanel diameter 2 cm yang telah dipotong tadi juga ikut direkatkan dengan menggunakan lem tembak sebagai alas.

Setelah semua sudah rekat dengan rapi maka tempelkan mutiara-mutiara yang telah disiapkan. Tempelkan mutiara di atas bunga agar bunga lebih cantik tampilannya.

4. Pasang Peniti

Langkah yang terakhir adalah pasangkan peniti yang sudah disiapkan ke belakang bross bunga yang telah ditempelkan mutiara. Jika sudah terpasang, maka bross bunga siap untuk digunakan.

Cara Membuat Bros dari Kain Flanel Bentuk Boneka

cara membuat bros boneka dari kain flanel
foto: youtube.com

Tips terakhir dalam memanfaatkan kain flanel adalah dengan membuat bros dalam bentuk boneka yang lucu. Alat dan bahan tambahan yang bisa Anda gunakan dalam membuat bros bentuk boneka dari kain flanel adalah “

  • Jarum
  • Benang
  • Kain flanel warna biru, hitam dan putih

Berbeda dengan kain flanel bentuk bunga mawar atau mutiara, untuk membuat bross dengan bentuk boneka bisa dikatakan cukup sulit. Anda bisa membuat boneka sesuai dengan selera Anda. Bisa bentuk boneka beruang, boneka hijab, kucing, lebah dan masih b banyak sekali model yang bisa Anda buat dari kain flanel.

Nah, untuk boneka yang akan dibuat dalam artikel ini adalah boneka doraeomon. Maka dari itu, warna kain flanel yang dibutuhkan adalah sesuai dengan warna doraemon. Berikut adalah panduannya.

1. Buatlah Pola Doraemon

Buatlah tema dan pola boneka doraemon, karena hendak membuat bross, maka cukuplah untuk membuat kepala doraemon saja.

2. Potong Kain Flanel Sesuai Pola

Jika pola sudah dibuat maka langkah selanjutnya adalah memotong kain flanel sesuai dengan pola yang telah Anda buat. Jika sudah digunting maka isilah dengan sedikit dakron.

3. Jahit Kain Flanel

Jika sudah diisi dengan dakron, maka jahitlah kain tersebut dengan rapi kemudian buatlah mata, kumis dan mulut dengan jahit dan benang. Jika mulut, kumis, dan mata sudah dibuat, maka tempelkan peniti di belakang bros, maka bros siap untuk digunakan.

Baca juga: Berbagai Macam Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual

Jika masih bingung dengan cara membuat aneka model bros di atas, maka Anda bisa untuk mendownload video cara membuat bros dari kain flanel.

Demikian ulasan mengenai cara membuat bros dari kain flanel. Semoga bermanfaat.