Cara Membuat Bunga Dari Kain Flanel

Posted on
foto: Fatinia.com

Cara membuat bunga dari kain flanel – Kamu bisa memanfaatkan kain flanel untuk berbagai kreasi yang sangat menarik dan indah loh. Kini kain flanel dapat dikreasikan untuk membuat bunga yang cantik dan juga indah. Kamu juga dapat menjualnya dengan harga yang menguntungkan. Bisnis membuat bunga dari flanel memang banyak diminati sebagai usaha yang sangat menjanjikan. Selain cara membuatnya mudah, untuk membeli kan flanel juga cukup murah.

Usaha ini banyak sudah banyak sekali digeluti sebagai usaha yang sangat menjanjikan, apalagi ketika acara wisudaan, bunga flanel menjadi salah satu penjualan terlaris. Biasanya bunga flanel akan diberikan kepada mereka yang sedang wisuda sebagai tanda selamat atas keberhasilannya selama ini. Jika kamu sedang menganggur di rumah cobalah untuk melakukan usaha membuka toko bunga flanel sebagai tambahan. Jika kamu kebingungan cara membuatnya, sekarang kamu tak perlu khawatir. Berikut cara membuat bunga dari kain flanel yang dapat kamu contoh di rumah.

Membuat Bungan Dari kain Flanel

Langkah pertama yang harus kamu persiapkan untuk membuat bunga dari kain flanel adalah siapkan semua bahan-bahan dan alat-alatnya terlebih dahulu, yaitu :

  1. Gunting
  2. Siapkan kain flanel berwarna merah dan hijau dan warna-warna lainnya yang kamu sukai atau sesuai dengan kesukaan dan seleramu saja
  3. Jangan lupa siapkan kawat untuk bunga, kawat ini berfungsi sebagai tangkai bunga nantinya.
  4. Selanjutnya pita bunga, pita ini juga berfungsi untuk mempercantik bunga flanel yang sudah kamu buat
  5. Kemudian lem lilin/lem tembak, lem lilin/lem tembak ini gunanya untuk menempel bunga flanel agar lebih rekat dan dapat terangkai dengan indah
  6. Lem kertas (Jika diperlukan)
foto: youtube.com

Cara membuat buket bunga flanel

Berikut adalah cara membuat buket bunga dari kain flanet yang bagus yang bisa kamu contoh.

1. Gunting kain flanel berbentuk spiral

  • Pertama-tama yang Anda lakukan adalah, Anda cukup potong kain flanel berbentuk lingkaran dengan berdiameter 12 cm dan 15cm.
  • Selanjutnya Anda dapat memotong kain tersebut berbentuk spiral
  • Setelah itu Anda bisa memotong pada bagian luar spiral menjadi bentuk yang bergelombang.

2. Gulung flanel merah menjadi berbentuk kelopak bunga mawar

  • Gulung kain flanel mulai dari bagian dalam spiral terlebih dulu
  • Rapikan gulungan bunga tersebut sampai membentuk kelopak mawar
  • Selanjutnya rekankan bagian bawah kelopak dengan lem tembak dan tunggulah hingga kering.

3. Buat flanel hijau sebagai mahkota daun

  • Mahkota daun ini akan dijadikan sebagai dasar bunganya.
  • Bentuk dan gunting flanel hijau tersebut sehingga membentuk seperti bintang laut
  • Selanjutnya siapkan kawat yang Anda sudah siapkan tadi dan rekatkan pada bagian tengah bunga mawar tersebut yang akan dijadikan sebagai tangkai bunga tersebut.

4. Satukan kelopak, mahkota dan juga daun dan tangkainya.

  • Satukan kelopak mawar yang sudah dibuat diatas mahkota daun dan tangkai
  • Selanjutnya tangkai tersebut tusukkan sampai menembus kelopak bunga
  • Bungkuslah tangkai tersebut dengan pita agar lebih rapi dan indah
  • Bunga siap.
  • Lakukan proses yang sama hingga membuahkan hasil bunga yang banyak

Baca juga: Berbagai Macam Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual

Cara membuat bunga lily dari kain flanel

foto: BlogTeraktual.com

Pertama adalah kamu harus siapkan semua alat dan bahannya terlebih dahulu untuk membuat bunga lily dari kain flanel. Untuk membuat bunga lily tidaklah sulit, kamu tak perlu khawatir. Berikut adalah cara membuat bunga dari kain flanel yang mudah.

  • Siapkan dua kain flanel yang berbeda warna, lem tembak, kawat bunga, catokan dan juga setrikaan.
  • Buat pola pada kain flanel yang sama panjangnya antara satu dengan yang lainnya kemudian gunting secara bersamaan.
  • setelah jadi, gulung menjadi satu rangkaian dan kemudian ikat dengan kawat dan lekatkan lem tembak.
  • Setelah semua sudah jadi, maka lapisi kawat di tengah-tengah pola kain flanel yang sudah dibentuk.
  • lipat lekukan pada pola hati di dalam kawat lalu tempelkan ujungnya dengan menggunakan lem tembak.
  • lipat lekukan yang lainnya ke sisi satunya lalu tempelkan ke ujung dengan menggunakan lem tembak.
  • Rekatkan dengan menggunakan catokan pada bagian kain flanel yang tidak terlipat, agar lekukan terlihat lebih sempurna.

Cara membuat buket bunga wisuda

foto: www.tipscaratutorial.com

Pada saat wisuda biasanya buket bunga laris diborong sebagai tanda selamat atas keberhasilan yang sudah dicapainya selama ini dengan susah payah. Berikut adalah cara membuat buket bunga wisuda yang bisa kamu contoh.

Sama halnya membuat buket bunga yang lainnya, yang perlu kamu lakukan pertama-tama adalah mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Alat dan bahan yang dibutuhkan juga sama dengan cara membuat buket bunga yang lainnya. Hanya saja ada tambahan bahan seperti.

  • Pembungkus bunga bisa kertas koran, kertas kado atau plastik, sesuai dengan kreasimu.
  • Pernak-pernik (jika diperlukan).

Langkah selanjutnya kamu tinggal membuat bentuk bunga yang ingin kamu kreasikan sesuai dengan kesukaan dan seleramu. bisa bunga mawar, bunga lily atau bung-bunga yang lainnya. Jika sudah maka bentuk bunga dan beri berbagai hiasan untuk mempercantik bunga dengan kreasimu sendiri.

Buket bunga pengantin

foto: www.tipscaratutorial.com

Selain bunga untuk wisuda, bunga lily dan bunga mawar. Kain flanel juga biasanya digunakan dalam acara pernikahan. Kain flanel memang sangat mudah dibentuk-bentuk dan dikreasikan untuk menjadi apa saja. Kain flanel juga menjadi ladang usaha dalam pembuatan bunga yang sampai saat ini banyak sekali ditekuni di masayarakat. Selain cara membuatnya yang mudah. Kain flanel ini juga terbilang cukup murah untuk membelinya. Bahan dan alat yang dipergunakan pun sangat simpel dan tidak ribet.

Bunga buket untuk pengantin ini biasanya digunakan untuk menghiasi setiap sudut gedung atau mempercantik hiasan pada kursi si pengantin. Cara membuatnya pun tak beda jauh dengan cara membuat flanel seperti membuat bunga mawar, bunga lily dan bunga untuk wisuda. Bentuknya sama, hanya saja dikreasikan sesuai dengan yang kita inginkan. Asal kamu tekun dan niat untuk menggeluti usaha dalam membuat bunga dengan flanel, maka usaha kamu akan sangat maju dan tentunya akan banyak dikenal dikalangan masyarakat.

Baca juga: Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Limbah Organik

Harga yang biasanya ditawarkan juga terbilang standart. Tidak terlalu mahal, harga yang paling mahal kisaran 100 ribu rupiah sesuai dengan tingkat kerumitan bunga tersebut dan aksen yang dipergunakan untuk memperindah bunga flanel tersebut. Usaha yang sangat menjanjikan, terutama pada saat musim wisuda, pernikahan dan juga pada saat ada acara ulang tahun. Bunga flanel akan sangat rame pengunjung dan laris manis dalam waktu yang singkat. Membuatnya juga tidak membutuhkan tenaga yang berlebih, hemat biaya serta sangat simpel dan mudah dibuat oleh siapa saja, asal tekun serta niat yang kuat untuk terus berusaha, maka hasilnya pun tak akan mengecewakan.