Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas Koran Lengkap

Posted on
Cara membuat hiasan dinding dari kertas koran
@pusatpandang.com

Cara membuat hiasan dinding dari kertas koran sangat beragam dan bisa diubah ke dalam berbagai macam hiasan dinding. Sampah pada umumnya merupakan benda yang tidak terpakai dan harus dibuang. Akan tetapi, ada kategori sampah yang seharusnya tidak dibuang, namun dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih berguna. Seperti koran bekas yang mempunyai sejuta manfaat, misalnya sebagai hiasan dinding.

Mempunyai rumah dengan dekorasi yang bernilai estetika tinggi, merupakan impian setiap orang. Sebagian besar orang pasti rela merogoh kantong hanya untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman dengan dekorasi yang sangat menarik. Dekorasi rumah yang menawan dan mewah, umumnya mempunyai harga yang cukup fantastis.

Bagi yang ingin mendekor rumah, namun tidak mempunyai budget cukup, dapat memanfaatkan barang bekas seperti koran. Meskipun terlihat sepele, tetapi hasil akhir dari kerajinan koran akan menjadikan rumah layaknya hunian yang dilengkapi dengan dekorasi mewah. Cara membuat dekorasi dengan koran, cukup dililitkan. Berikut ini ide kreatif dari koran bekas untuk dekorasi rumah.

Macam Macam Hiasan Dinding:

1. Jam Dinding Koran

Ide kreatif pertama dalam kerajinan koran bekas adalah jam dinding koran. Bahan-bahan yang dipersiapkan untuk membuat hiasan jam dinding koran antara lain koran bekas, jarum jam, mesin jam, alas dan batu baterai. Untuk material jam dinding, dapat menggunakan jam dinding lama.

Pertama, buatlah lilitan koran sebanyak 12 buah, angka 1-12 dan sebuah lilitan berukuran besar. Lalu tempelkan lilitan sesuai dengan posisi angka Jam. Jika ingin tampilan lebih menarik dan ingin menghilangkan kesan dari koran, dapat mewarnai koran dengan cat warna. Bisa juga dibubuhi dengan Origami atau gambar-gambar supaya tampilan jam dinding koran terlihat lebih menarik.

Baca juga: Kerajinan Tangan Dari Kertas

2. Taman Dinding Koran Sederhana atau Mini Wall Park

Bagi yang menyukai konsep hunian Green home, tanam dinding sederhana atau mini wall park. Supaya dapat menambah kesan Green world, tema recycled of newspapers akan menjadi konsep hunian semakin kompleks. Ukuran tamannya pun tidak memerlukan dinding yang luas, hanya 1 meter dinding pada sudut ruangan, cukup untuk menciptakan mini wall park.

Bahan yang diperlukan untuk membuat mini wall park, beberapa pot tanaman, koran (dalam bentuk lilitan atau lipatan), lem dan rak gantung untuk tempat tanaman. Untuk pot, sebaiknya gunakan pot plastik atau botol bekas supaya lebih ringan.

Cara membuat hiasan dinding dari kertas koran, hanya dengan melapisi seluruh permukaan pot dengan lilitan atau lipatan koran. Agar tampilan lebih menarik, lengkapi dengan berbagai macam hiasan bunga-bunga ataupun bintang dalam bentuk Origami atau potongan kertas.

Tips untuk menghilangkan kesan koran yang mencolok dapat mewarnai koran. Apabila tidak ingin kondisi rumah kotor, dapat menggunakan tanaman sintesis.

3. Bingkai Foto Koran

Bingkai Foto Dari Koran
@kesekolah.com

Menghiasi dinding dengan berbagai macam foto, pasti menjadi sesuatu hal yang sering dilakukan dan ada di setiap rumah. Sebagai barang bekas, koran dapat menjadi hiasan bingkai foto. Atau memanfaatkan koran sebagai bingkai foto.

Cara membuat bingkai foto dari koran cukup simpel, hanya dengan menempelkan koran yang telah dibentuk pada sisi foto. Bentuk dari hiasan koran sangat variatif, bisa digulung, dililit, dilipat kotak atau segitiga, Origami dan lain-lain. Jadi bisa dikreasikan sesuka hati. Supaya tampilan bingkai foto dari koran lebih menarik, warnai kertas koran dengan berbagai macam warna. Hal tersebut juga sekaligus dapat menghilangkan kesan mencolok dari koran.

Baca juga: Kerajinan dari Koran Bekas

4. Lukisan Koran.

Lukisan memang selalu menjadi sebuah hiasan dinding yang mempunyai nilai estetika paling tinggi. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila sebuah lukisan dapat bernilai ratusan juta. Meskipun saat ini jarang muncul lukisan yang sangat fenomenal. Sebagian besar lukisan fenomenal yang telah terkenal saat ini merupakan lukisan dari para seniman dunia pada masa abad pertengahan.

Oleh karena itu replika dan tiruan dari karya seniman tersebut diburu lebih banyak diminati daripada karya original. Hal itu bukan berarti karya original tidak mendapat apresiasi yang baik. Jika karya unik dan kreatif, pasti akan mendapatkan apresiasi dan perhatian publik. Seperti halnya dengan lukisan koran.

Untuk menciptakan sebuah lukisan koran sulit. Koran yang pada dasarnya dipenuhi dengan berbagai macam tulisan menjadi hambatan jika dijadikan sebuah background. Satu-satunya warna yang dapat match dengan background koran hanya shadow efek. Jadi lukisan koran mempunyai konsep shadow paint. Warna yang digunakan, sebaiknya warna gelap supaya lebih berkarakter. Sebaiknya hindari penggunaan lebih dari satu warna, supaya hasil dari lukisan koran tidak canggung.

Teknik membuat lukisan dari koran dapat menggunakan teknik manual dan teknik digital. Teknik digital merupakan teknik dengan memanfaatkan Software editing corel draw. Caranya dengan membuat gambar terlebih dahulu melalui corel, kemudian ditempelkan di koran. Sedangkan teknik manual, melukis dengan tangan tanpa bantuan alat digital apa pun. Hasil dari lukisan manual, lebih natural dan mempunyai sense yang menyentuh.

5. Kaligrafi Koran

Hiasan dinding koran lainnya adalah kaligrafi. Cara membuat kaligrafi dari koran, hampir sama dengan membuat lukisan koran. Seni kaligrafi juga dapat dikreasikan. Jika huruf yang sering digunakan dalam kaligrafi adalah huruf arab dan Cina, huruf alfabet juga menjadi ide yang cukup menarik untuk kaligrafi.

Apa pun huruf yang akan digunakan dalam kaligrafi, kalimat harus diperhatikan dengan seksama. Hal ini hanya untuk tidak mengubah arti seni dari sebuah kaligrafi. Kalimat yang digunakan merupakan kalimat yang mengandung makna religius atau nilai-nilai norma. Sebaiknya hindari kata-kata kekinian dalam pembuatan kaligrafi. Untuk kaligrafi, dapat menggunakan cat atau pensil.

6. Montase Koran

Montase dari Koran
@nursintapgsd

Dalam sebuah koran, pasti terdapat gambar yang menarik. Gambar-gambar tersebut dapat dimanfaatkan sebagai hiasan dinding. Caranya pun sangat mudah, hanya memerlukan koran bekas dan lem. Hanya dengan mengambil semua gambar yang menarik dari berbagai macam koran, kemudian gabungan gambar-gambar tersebut ke dalam sebuah kanvas. Untuk background dapat dikombinasikan ke dalam berbagai macam warna, supaya hasil montase lebih menarik.

Sebagian besar warga koran menggunakan tema hitam-putih. Jadi dapat juga dipadukan dengan gambar-gambar yang ada di berbagai macam majalah atau katalog yang sudah tidak dipakai. Sehingga hasil dari montase tidak begitu monoton dan lebih berkarakter. Media dari background juga tidak perlu menggunakan media kanvas, dapat juga ditempelkan langsung pada dinding. Supaya terlihat seperti sebuah lukisan, dapat dibuat frame pada sisi montase.

Baca juga: Kerajinan Tangan Lucu Yang Mudah dibuat

Itulah 6 buah kreasi yang cukup kreatif dalam cara membuat hiasan dinding dari kertas koran. Dengan ide kreatif tersebut dapat menjadikan hunian lebih nyaman dengan dekorasi unik dan tidak kalah menarik dari dekorasi mewah lainnya. Dapat juga dijadikan sebagai ladang bisnis, supaya hasil karya dapat dinikmati oleh Orang lain. Serta menjadi sebuah bahan pembelajaran anak-anak untuk mengasah daya kreativitas.