Cara Membuat Origami Burung dengan Mudah

Posted on
foto: myutary.blogspot.com

Cara Membuat Origami Burung menjadi salah satu bentuk yang bisa dibuat dengan kertas origami. Seperti halnya namanya origami ini adalah salah satu jenis kertas yang dikreasikan untuk membentuk berbagai macam bentuk. Teknik membentuk dengan kertas origami ini adalah lipatan. Sesuai dengan namnya ori yang berarti lipat dan gami berarti kertas. Apapun bentuknya teknik dasarnya adalah melipat. Pernahkan anda tahu bagaimana awal munculnya kertas origami?

Ternyata seni melipat kertas ini sudah diperkenlkan pada zaman tiongkok kuno sekitar tahun 105 Masehi oleh Ts’ai Lun. Seni melipat ini di manfaatkan untuk media komunikasi yang menarik dan menyenangkan bagi oang tua, siswa dan juga guru. Selain itu kertas origami juga bermanfaat untuk perkembangan kreativitas anak. Sebenarnya apa manfaat yang di dapatkan dari kertas origami. Untuk  lebih jelasny silahkan baca paragraf selanjutnya.

Manfaat Dari Origami

Adapun manfaat yang di peroleh dari kertas orgami adalah

  • Belajar berkreasi

Model origami sekarang beragam, tidak seperti dulu yang hanya satu monoton. Anda bisa membuat bentuk ikan, burung, bunga dan perahu kertas serta model yang lainnya. Semakin berkembangnya zaman semakin banyak kreasi yang akan muncul. Biasanya anak yang kreatif akan memunculkan ide sendiri untuk membentuk hal yang baru. Nah untuk bisa memunculkan kreativitaa anak bisa dengan mengajarinya membuat origami dari hal yang sederhana.

  • Meningkatan kemampuan berfikir

Berkreasi dan berfikir adalah satu paket. Biasanya orang yang kreatif ini lebih mudah untuk berfikir. Semakin kreatif orang tersebut kemampuan berfikirnya juga semakin meningkat. Apalagi untuk anak-anak. Mereka lebih menyukai praktek dari pada teori saja. Sesuai dengan psikologi perkembagan anak, dalam tahap belajar usia sekolah dasar akan lebih tertarik melihat visual atau praktek dari pada teori yang berupa tulisan.

  • Membaca diagram atau gambar

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca anak adalah dengan membaca gambar ataupun diagaram. Tapi,  anda juga harus mengetahui batas anak yang bisa membaca gambar atau diagram. Anda bisa menilai seberapa bisa anak bisa membaca gambar atau grafik. Biasanya jika anda membeli kertas origami dibagian belakang ada gambar untuk membentuk berbagia kreasi contohnya saja origami bunga. Biasanya jika anak yang sudah bisa berkreasi akan membuatnya sendiri.

Cara Membuat Beberapa Macam Origami

1. Burung Bangau

foto: matcha-jp.com

Cara Membuat Origami Burung Bangau tergolog mudah dan sederhana. Bagaimana cara membuatnya? Langkah awal silahkan persiapkan kertas yang berukuran 15 x 15 cm ataupun ukuran yang lainnya juga bisa. Tergantung seberapa besar burung bangau yang ingin anda buat. Setelah itu lipat hingga membentuk segitiga. Setelah itu lipat lagi menjadi segitiga yang lebih kecil. Lipat lagi lebi kecil. Setelah itu buka lipatan kertas dan perhatikan bekas lipatan tadi.

Langkah selanjutnya buatlah lipatan pada setiap sudut. Satukan sudut-sudut tersrbut dalam titik tengah. Ujung atas di tarik ke bawah dan tekan. Begitu juga dengan lipatan di baliknya. Ujung kanan dan kiri ditarik ke tengah. Bagian yang membelah pastika ada di atas. Lakukan hal yang sama pada lipatan baliknya. Sisi-sisnya dibuat dan putar 180 derajat. Ujung bawah di tarik ke atas.

Anda berikan jarak sekitar 5 mm antar ujung atas dan ujung yang di lipat, lakukan pada sisi yang lainnya. Buka sisi yang terlipat, sisi depan dan belakang bersamaan secara perlahan. Terakhir buatlah paruh dari ekor dengan melekuk salah satu sisi yang lancip. Jadilah burung bangau.

2. Burung Beo

foto: SantaiSaja.net

Cara Membuat Origam Burung Yang Mudah bisa dilakukan dengan burung beo. Untuk membentuk origami burung beo silahkan siapkan kertas yang berbetuk persegi. Buatlah empat bagian segitga yang sama dengan cara melipatnya menjadi dua bagian yang sama. Lipat kertas pada dua segitga atas membentuk segitiga yang kecil lagi. Kemudian lipat ke arah kanan. Lipat bagian bawah mengikuti arah atas. Langkah selanjutnya buka lipatan tengah ke arah luar. Kemudian lipat ujung atas ke bawah. Setelah itu lipat kertas menjadi segitiga pada setiap sisinya. Jadilah origami burung beo, anda tinggal meberikan titik mata.

Baca juga: 14 Kerajinan Dari Batok Kelapa Yang Mempunyai Nilai Jual Tinggi

3. Burung Dara

foto: Steemit.com

Cara Membuat Origami Burung Sederhana salah satunya yaitu dengan bentuk burung dara. Adapaun langkah awal untuk membentuk burung dara yaitu siapkan kertas origami. Kemudian lipatlah pojok kanan ke arah pojok kiri. Sudut kanan dilipat menuju ke garis tengah. Lipat juga sudut kiri ke garis tengah. Lipat bagian atas menuju ke arah belakang. Kemudian balik kertasnya dan lipat sudut kanan atas membentuk segitiga kecil begitu juga dengan sudut kirinya.

Langkah selanjutnya tarik bagian yang berbentuk segitiga ke arah bawah, begitu juga dengan sisi lainnya. Setelah itu sudut kanan bawah di lipat ke arah atas, begitu juga dengan sisi yang satunya. Kemudian bentuklah ekor burung dengan melipat ke atas pada bagian bawah. Lipat garis tengah menuju dua bagian yang sama, hampir terbentuk badan. Setelah itu bentuk kepalanya dengan melipat ke dalam pada ujung atas. Tambahkan mata pada kepala burung dan jadilah burung dara.

4. Burung Merpati

foto: www.calistaorigami.com

Cara Membuat Origami Burung merpati sama hanya anda membuat origami burung dara. Hanya saja namanya yang berbeda. Adapun langkah yag dilakukan sama saja. Untuk memberikan varasi anda bisa menggunakan beragam kertas warna warni. Anda bisa membuat burung merpati untuk menjadi hiasan kamar. Atau bisa juga untuk tirai jendela. Untuk membuatnya tentu membutuhkan kertas yang banyak dan jumlah yang banyak pula.

5. Burung Merak

foto: youtube.com

Salah sau bentuk burung lainnya yaitu bentu merak. Adapun Cara Membuat Origami Burung anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini. Siapkan kertas origami dengan ukuran apa saja. Untuk mengarahkan pada anak-anak anda bisa menggunakan kertas yang ukurannya besar. Langkah awal silahkan bentuk lipatan diagonal kertas sudut yang berseberangan. Sebisa mungkin lipat dengan rapi dan tegas dari sudut kiri bawah menuju ke sudut kanan atas. Setelah itu bukalah lipatannya.

Langkah selnautya bentuklah lipat sesuai dengan lipatan yang tadi sudah terbentuk. Lipatan akan dibuat dari sisi-sisi bawah dan atas menuju ke garis diagonal dengan sudut yang ada di bagian atas sbelah kiri. Selanjutnya lipat origami ke arah bawah sesuai dengan lipatan yang awal tadi. Kemudian lipatlah pada ujung runcing di kiri atas menuju ka arah bawah. Tapi anda perlu memperhatikan lipatannya. Adapun lipatannya itu menyelipkan ujung runcing ke dalam sisi segitiga.

Baca juga: Kerajinan dari Sabut Kelapa Yang Mempunyai Nilai Ekonomis Tinggi

Adapau langkah melipat yang benar untuk membentuk badan merak yaitu melipat kertas dengan perkiraan sepertiga bagian panjang sisi bawah segitiga yang menuju ke arah depan. Balikkan kertas origami dan lipat ujung segitiga lancip menuju ke arah berlawanan. Hal ini untuk memudahkan melipat kertas ke dalam sisi segitiga. Selanjutnya lipat kembali ujung yang runcing mengarah ke bawah untuk menuju ke atas. Untuk membentuk paruh anda bisa melipat ujung lancip ke arah bawah. Jadilah burung merak.