Kerajinan dari Bubur Kertas Simpel Dan Unik

Posted on
kerajinan tangan dari bubur kertas
foto: berbagigagasan.blogspot.com

Kerajinan dari bubur kertas merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan dalam rangka mendaur ulang penggunaan kertas. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahan dasar kertas adalah serat pohon. Sehingga semakin banyak produksi kertas maka akan semakin banyak pula pohon yang akan ditebang. Semakin banyak pohon yang ditebang maka akan semakin besar kerusakan lingkungan yang ditimbulkan. Jadi semakin banyak penggunaan kertas maka semakin besar kerusakan lingkungan terjadi.

Untuk meminimalisir dampak kerusakan lingkungan itu maka kita sebagai manusia pengguna kertas harus mulai melakukan langkah kongkret salah satunya yaitu dengan cara mendaur ulang kertas bekas. Meskipun terlihat sebagai langkah yang kecil namun jika dilakukan secara terus menerus maka permintaan produksi kertas baru bisa sedikit menurun.

Kerajinan dari Bubur Kertas Beserta Gambarnya:

Salah satu cara adalah dengan membuat kerajinan dari bubur kertas koran. Kertas koran dipilih selain karena fungsi koran sendiri yang memiliki batas waktu yaitu setelah di baca maka kertas itu akan menjadi sampah juga karena ketebalan kertas koran yang relatif tipis daripada kertas buku atau majalah. Semakin tipis bahan dasar kertas maka akan semakin mudah dalam proses pembuatan bubur kertasnya.

Adapun cara membuat bubur kertas koran yaitu dengan merendam kertas koran yang sudah di potong kecil-kecil selama kurang lebih satu hari. Kertas yang sudah di rendam itu kemudian dihaluskan menggunakan blender. Hasil dari blender itu kita sebut sebagai bubur kertas. Bubur kertas yang sudah jadi bisa kita buat berbagai macam bentuk kerajinan dari bubur kertas. Jika kamu bingung mau membuat apa dari bubur itu kamu bisa melakukan teknik ATM ( Amati , Tiru dan Modifikasi ). Dibutuhkan kreativitas untuk menghasilkan sebuah karya. Salah satu kerajinan yang bisa di buat dari bubur kertas koran antara lain

Tempat Tisu

tempat tisu dari bubur kertas
foto: youtube.com

Jika ingin menghias rumah dan memiliki tempat tisu yang lain dari biasanya maka membuat tempat tisu dari bubur kertas bisa menjadi alternatif pilihan yang bagus. Selain caranya yang mudah dan harganya yang relatif  murah membuat tempat tisu sendiri akan membuat sudut rumah kamu berbeda dari rumah yang lain. Apalagi jika di tempat tisu itu ditambahkan aksesoris dari biji-bijian yang sudah diawetkan ataupun gambar-gambar lainnya yang bisa kita kreasikan sendiri.

Cara membuat tempat tisu dari bubur kertas ini cukup mudah. Bubur kertas yang sudah jadi kita bentuk sesuai ukuran tempat tisu yang kita inginkan. Agar lebih berwarna sebelum proses pencetakan bubur kertas bisa diberi warna terlebih dahulu. Pewarna kertas yang dipakai bisa dari pewarna yang dijual di toko-toko ataupun pewarna alami dari daun-daunan yang dihaluskan terlebih dahulu kemudian di campur ke dalam bubur kertas. Setelah di cetak lalu dilakukan proses pengeringan. Baiknya proses pengeringan dengan cara dijemur di bawah matahari langsung. Proses pengeringan ini akan memakan waktu yang cukup lama tergantung intensitas panasnya matahari saat itu. Setelah kering maka hasil cetakan tempat tisu itu bisa dikreasikan dengan menempel biji-bijian yang sudah dikeringkan ataupun ditambah aksesoris lainnya sesuai kreativitas Anda.

Tempat Pensil

kerajinan tangan dari bubur kertas
foto: blogspot.com

Punya banyak alat tulis dan bingung mau diletakkan dimana? Atau kamu sudah bosan dengan tempat pensil dengan model yang itu-itu saja. Maka membuat tempat pensil sendiri bisa menjadi salah satu alternatifnya. Untuk membuat tempat pensil seperti gambar di atas caranya cukup mudah.

Kertas koran yang sudah di olah menjadi bubur kertas kemudian di cetak sesuai dengan yang kita inginkan. Cetakan yang digunakan bisa memakai botol, gelas ataupun membentuknya dengan tangan Anda sendiri seperti gambar di atas. Setelah di cetak bubur kertas itu kemudian dikeringkan di bawah panas matahari. Proses pengeringan ini bisa memakan waktu berhari-hari tergantung intensitas cahaya matahari dan ketebalan hasil cetakan tempat tisunya. Tempat pensil yang sudah kering bisa di cat ataupun di gambar sesuai dengan keinginan kita. Buat gambar yang lucu untuk membuat tempat pensil menjadi lebih menarik.

Bros

bros dari bubur kertas
foto: kinabulan.blogspot.com

Memiliki bros yang unik dan tidak dimiliki oleh orang lain tentu bisa menunjang penampilan kamu. Ternyata bros pun bisa dibuat dari bubur kertas koran. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain bubur kertas halus, cetakan ( bisa menggunakan cetakan es atau cetakan coklat yang memiliki bentuk lucu ), lem tembak, peniti, dan cat warna.

Langkah awalnya yaitu bubur kertas yang sudah jadi dimasukkan ke dalam cetakan es atau cetakan coklat ( cari bentuk cetakan yang lucu seperti berbagai bentuk buah atau hewan ). Bubur kertas yang sudah di cetak ditempatkan di nampan atau papan triplek untuk dijemur. Setelah di jemur di bawah matahari sampai kering, hasil cetakan itu kemudian di warnai sesuai selera kamu menggunakan cat warna kemudian jemur lagi hingga kering. Hasil dari bros yang sudah diwarnai kemudian ditempelkan peniti dengan menggunakan lem tembak. Setelah lem kering, bros bisa langsung digunakan dan atau bisa untuk dijual juga loh.

Baca juga: Kerajinan Tangan Dari Bambu Yang Kreatif dan Dapat Dijual

Gantungan Kunci

gantungan kunci dari bubur kertas
foto: kompasiana.com

Hal lain yang bisa dihasilkan kerajinan dari bubur kertas adalah gantungan kunci. Proses pembuatan gantungan kunci ini mudah dan material yang dibutuhkan juga tersedia di pasar. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain bubur kertas, cetakan coklat ( cari bentuk yang lucu ), rantai untuk gantungan dan cat warna.

Cara membuatnya yaitu bubur kertas yang sudah  jadi di cetak menggunakan cetakan coklat. Bubur kertas yang sudah di cetak kemudian dimasukkan satu butir rantai untuk nantinya menjadi cantolan besi gantungan kunci ( rantai dimasukkan hanya setengah bagian saja, setengah bagian lainnya dibiarkan terlihat dari luar) lalu di jemur di bawah panas matahari. Setelah kering bubur kertas yang sudah di cetak itu siap untuk diberi warna sesuai dengan selera kamu. Kemudian dilakukan penjemuran lagi hingga cat dalam gantungan itu kering. Lalu ketika warna di gantungan kunci itu sudah kering sekarang waktunya finishing dengan menambahkan rantai dan besi gantungan kunci. Cukup mudah bukan??

Tempelan Kulkas

tempelan kulkas dari bubur kertas
foto: berbagigagasan.blogspot.com

Jika kamu merasa tampilan kulkas di rumah terlalu monoton dan biasa saja. Lalu saat yang sama kamu melihat tumpukan kertas koran bekas di sudut rumah maka kamu bisa merubah tampilan kulkas kamu menjadi lebih berwarna. Bahan dan cara pembuatannya mudah cukup sediakan kertas koran bekas, air, cetakan es atau coklat, cat warna, lem tembak dan magnet.

Kertas koran bekas di sobek menjadi bagian kecil lalu di rendam dengan air selama kurang lebih 1 hari. Kertas hasil rendaman itu lalu di dihaluskan dengan cara di blender sampai halus. Bubur kertas yang sudah jadi kemudian di cetak menggunakan cetakan coklat atau es. Hasil cetakan itu kemudian di jemur sampai kering. Setelah kering sekarang saatnya mewarnai berbagai bentuk hasil cetakan itu dengan warna yang menarik sesuai selera kamu. Lalu jemur kembali sampai catnya kering. Terakhir tempelkan magnetik di cetakan itu menggunakan lem tembak. Setelah itu tempelan kulkas unik siap memperindah tampilan kulkas rumah kamu.

Undangan Pernikahan

undangan pernikahan dari bubur kertas
foto: abunajmu.wordpress.com

Nah ini adalah salah satu kerajinan dari bubur kertas yang bisa menjadi sumber ekonomi tambahan kita, kerajinan undangan pernikahan dari bubur kertas. Bahan utama yang dibutuhkan selain kertas koran bekas adalah kreativitas. Pada dasarnya cara membuat cukup mudah bubur kertas yang sudah jadi di campur dengan pewarna lalu di cetak menjadi kertas baru dengan alat sablon pakaian. Kemudian hasil cetakan itu di jemur hingga kering. Hasil cetakan yang sudah kering kini menjadi lembaran-lembaran kertas baru yang berwarna dan berserat alami.

Lembaran kertas daur ulang itu kini bisa dibentuk menjadi undangan pernikahan. Lembaran kertas itu bisa di cetak menggunakan mesin printer dan untuk terkesan lebih alami bisa ditambahkan aksesoris biji-bijian yang sudah diawetkan atau serat daun-daunan.

Bingkai Foto

kerajinan bingkai foto dari bubur kertas
foto: hobykita.files.wordpress.com

Ingin suvenir yang berbeda untuk pernikahan kamu atau acara lainnya, bingkai foto dari kertas daur ulang bisa menjadi salah satu pilihannya. Cara membuatnya pun cukup mudah, bubur kertas yang sudah jadi di cetak menjadi lembaran kertas daur ulang yang baru. Lembaran kertas daur ulang itu kemudian bisa di cetak menjadi bingkai foto sesuai dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan. Untuk mempercantik tampilan, bingkai foto juga bisa ditambahkan biji-bijan yang sudah diawetkan atau tali temali dari bahan kertas daur ulang juga. Mudah, murah dan indah.

Baca juga: Cara Membuat Bunga dari Kertas Beserta Gambarnya Lengkap

Celengan

kerajinan celengan dari bubur kertas
foto: blogspot.com

Untuk membuat celengan dari bubur kertas caranya cukup mudah. Bubur kertas yang sudah jadi di cetak menggunakan kaleng susu atau botol. Setelah itu cetakan di jemur sampai kering. Cetakan sendiri dibuat dua macam yaitu bagian badan celengan dan bagian penutup celengan. Untuk bagian penutup celengan jangan lupa dibuatkan lubang tempat memasukkan uang. Setelah semua cetakan itu kering sekarang waktunya finishing dengan menghias celengan agar terlihat lebih menarik. Dikarenakan warna asli bubur kertas adalah abu-abu maka kamu bisa mencampurkan bubur kertas dengan pewarna sesuai dengan selera kamu.

Tas Goody Bag

tas goody bag dari bubur kertas
foto: sriwahyono.blogspot.com

Selain untuk keperluan pribadi, bubur kertas juga bisa di olah menjadi produk lain yang bisa diperjualbelikan. Salah satunya adalah tas goody bag seperti gambar di atas. Cara membuatnya cukup mudah, sama seperti membuat lembaran kertas daur ulang hanya saja untuk membuat tas ini dibutuhkan lembaran kertas yang cukup besar, tinggal di atus pada saat mencetak lembaran kertasnya. Lembaran kertas baru yang sudah di beri warna dan sudah kering kemudian di bentuk menjadi sebuah tas. Lalu ditambahkan aksesoris tali yang terbuat dari lintingan kertas daur ulang juga. Maka jadilah tas goda bag yang lebih ramah terhadap lingkungan.

Baca juga: Cara Membuat Kerajinan dari Botol Bekas yang Mudah Beserta Gambarnya

Box Seserahan

box seserahan dari bubur kertas
foto: tokopedia.co.id

Hal yang tak kalah menarik dari membuat kerajinan dari bubur kertas adalah membuat Box seserahan. Cara pembuatannya pun tak beda jauh dengan membuat produk lain dari bubur kertas. Bermodalkan cetakan, pewarna, lem kertas dan kreativitas maka Box seserahan yang unik pun bisa kamu hasilkan. Hanya tinggal menambahkan kertas mika dan aksesoris lainnya agar tampilan Box seserahan bisa lebih indah.