Kerajinan dari Sabut Kelapa Yang Mempunyai Nilai Ekonomis Tinggi

Posted on
foto: grid.id

Kerajinan dari sabut kelapa – Banyak sekali kreativitas yang kita dapat jika kita mampu mengelola dengan baik dan mempelajarinya dengan seksama untuk menjadi produk yang bermanfaat baik dari segi kegiatan maupun segi komersial. Berkaitan di zaman sekarang semua produk bernilai komersial, apapun sudah di olah menjadi uang.  Dan bahan sekecil apapun sudah pastinya bernilai tinggi. Nah,  dalam hal ini kita akan membahas pohon yang dimaknai sebagai pohon seribu manfaat. Pasalnya pohon tersebut memiliki ragam manfaat yang banyak. Apakah kalian mengenal pohon kelapa ? Tentu mengenalnya bukan ? Dari bunga, batang, daun, buah, dan dalamnya buah.

Deskripsi Pohon Kelapa dan Manfaat:

1. Bunga

Bunga kelapa yang memiliki aroma manis dan berwarna kuning serta mekar ketika pohon berusia 4-6 tahun. Bunga betina dapat dimakan dan tangkainya yang mengeluarkan air nira atau legen biasanya digunakan sebagai tuak, gula, obat tradisional bahkan bahan baku kerajinan

2. Batang Kelapa

Manfaat dari batang  kelapa sendiri biasanya digunakan sebagai mebel  ataupun penyangga genting.  Sifatnya yang kuat menjadikan pohon ini diolah menjadi beragam macam barang. Misalnya saja dengan dibuat menjadi meja, kursi, ataupun almari.

3. Daun Buah Kelapa

Siapa tahu, bahwa daun pada kelapa memiliki manfaat yang sangat banyak mulai dari dimanfaatkan untuk bahan dasar ketupat ( janur ), dekorasi pernikahan dengan pengaplikasiannya adalah pohon pisang. Saat muda, sedangkan saat daun sudah tua atau sudah berubah warna menjadi kecokelatan biasanya para petani mengolahnya dengan membuat sapu lidi.

4. Akar

Akar yang terdiri dari ribuan akar yang sebagian besar muncul ke atas tanah. Semakin ia tua , semakin panjang pula akarnya. Akar pohon kelapa biasanya di manfaatkan sebagai kerajinan tangan, obat – obatan, konstruksi bangunan, sampai mencegah banjir.

5. Buah

Dengan ukuran 10-20 meter diameternya, berbentuk bulat, dan biasanya berwarna hijau, kuning ataupun coklat. Biasanya yang dimanfaatkan adalah daging buah, batok kelapa, dan sabut kelapa.

6. Daging Kelapa

Beragam macam manfaat pada daging kelapa. Buah yang digunakan untuk santan, maupun diolah sebagai minyak. Daging kelapa yang lunak sering disajikan sebagai es buah. Sedangkan yang tua sendiri dimanfaatkan sebagai campuran bumbu, campuran masakan, atau taburan kue.

Ataupun jenis kelapa kopyor , yaitu daging buah kelapa yang menempel pada dinding batok yang bercampur dengan air karena mengalami mutasi pada pembuahannya. Produk lainnya adalah kopra , kelapa tua yang dikeringkan. Yang dimanah dijadikan bahan baku pembuatan minyak kelapa dan produk keturunannya.

7. Air Kelapa

Air kelapa yang mengandung banyak sekali manfaat, karena mengandung banyak zat yang berguna bagi tubuh.  Selain untuk diminum, air kelapa dimanfaatkan untuk kaki pecah – pecah, bahan masker dan luka bakar.

8. Tempurung Kelapa

Tempurung atau batok kelapa yang memiliki tekstur keras.  Masyarakat menggunakannya sebagai arang, perabot rumah tangga seperti gelas dan gayung serta kerajinan tangan. Selain itu batok kelapa ternyata mampu memurnikan karbon dioksida hasil fermentasi karbon dioksida hasil fermentasi dan mampu menyerap gas berbahaya.

9. Sabut Kelapa

Merupakan kulit kelapa yang berupa serat kasar. Sabut kelapa yang biasanya dibuang ataupun hanya di bakar guna untuk menyalakan api pada tungku di pedesaan. Ternyata sabut kelapa bisa dijadikan media untuk berkreativitas.  Kenapa harus sabut kelapa, padahal  banyak sekali manfaatnya dari satu pohon kelapa ? jawabannya, karena sebagian besar sabut kelapa bisa diolah dengan mudah dan menghasilkan berbagai macam produk yang bermanfaat pula.  Tentunya barang – barang yang dibuat cantik dan bermanfaat ya.  Apa saja sih yang bisa  dibuat ?

Baca juga: 10 Kerajinan dari Sabun Yang Mudah dan Bisa Dicoba Di Rumah

Kerajinan dari Sabut Kelapa

Kasur

foto: globalagro.wordpress.com

Bayangkan saja jika kita memiliki kasur yang  berbahan dasar sabut kelapa. Tentunya kita berpikir ah sabut kelapa itu kan gatal, pasti kasurnya tidak nyaman jika dipakai. Jangan berpikir negatif dulu, kasur dari sabut kelapa dibuat dengan mengombinasikan sabut kelapa dengan lateks karet. Sehingga tidak semuanya berbahan dasar sabut kelapa. Sehingga hasil yang diperoleh kasurnya lentur dan empuk secara alami. Sudah pasti nyaman bukan ?  ditambah lagi kasur ini memiliki nilai plus dalam segi anti bakteri dan anti air.

Tali Tambang

foto: youtube.com

Selain menjadi serat, sabut kelapa dijadikan tambang. Yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar kerajinan. Tali tambang juga digunakan untuk tali kapal, tali dadung, tali cocomesh dan sebagainya. Tali tambang termasuk kerajinan dari sabut kelapa yang mudah.

Peredam Getar Suara

foto: ramesia.com

Kerajinan sabut kelapa satu ini memiliki kemampuan untuk meredam suara. Sehingga matras sabut kelapa dipasang di dinding atau sumber getaran yang terdekat.

Cocoshet

foto: sabutkelapaberkaret.wordpress.com

Kerajinan media rambat tanaman, yang dibuat dengan cara menjahit dan mengeritingkan sabut kelapa. Sehingga sabut kelapa tersebut membentuk lembaran, dan dilapisi dengan bahan latex. Biasanya digunakan untuk menanam pohon anggrek dan sejenisnya.

Cocomesh

foto: serabutkaryamaluk.blogspot.com

Cocomesh adalah media tanam untuk reklamasi area tambang, mencegah erosi, dan penguat tanah lahan miring. Bentuknya berupa jaring yang dibuat dari anyaman tali sabut kelapa yang terbuat dari bahan organik yang tahan lama.

Keset  dan Sapu

foto: kerajinantanganasik.blogspot.com

Dua produk sabut kelapa yang terkenal. Merupakan kerajinan sederhana yang terbuat dari sabut kelapa. Dua produk tersebut selain harganya murah ternyata lebih mudah membersihkannya dan awet. Keset sabut kelapa biasanya digunakan untuk menyaring merkuri di pertambangan emas.

Jok  Kendaraan

foto: medium.com

Kerajinan dari sabut kelapa itu ternyata banyak loh !  misalnya saja ide dari produsen otomotif terkemuka  dunia, Mercedes Benz, Opel di Eropa menggunakan sabut kelapa sebagai bahan pengisi jok. Karena sifatnya yang lentur , kuat , tidak berbau, tahan lama dan tingkat pencemarannya lemah.

Baca juga: Kerajinan dari Bubur Kertas Simpel Dan Unik

Matras

foto: sabutkelapaberkaret.wordpress.com

Matras kesehatan yang berasal dari sabut kelapa ternyata sering digunakan untuk orang yang sering mengalami nyeri pinggang. Matras sabut kelapa yang lentur tetapi tidak mudah tertekan.  Matras sabut kelapa ternyata sering digunakan sebagai pengisi campuran lapisan spring bed.

Coir Net

foto: produkkelapa.wordpress.com

Coir net merupakan campuran yang dipakai untuk teknik pengerasan jalan.  Tali sabut yang berukuran besar sekitar 3 ply yang dipilin membentuk ikatan setebal 1,5 – 2 cm. Jadi bentuk dan fungsinya sama dengan cocomesh hanya saja pada coir net lebih besar dan kokoh.

Cocopot

foto: rumahserabut.com

Cocopot kerajinan dari sabut kelapa sederhana yang dibuat menjadi sebuah pot. Media pengganti polybag ini sifatnya yang alami dan ramah lingkungan. Jadi ketika kita menggunakan cocopot tidak khawatir dengan dampak negatif yang diberikan.

Cocopeat

foto: tokopedia.com

Coir fiber sheet adalah hasil dari produk samping cocopeat. Yaitu butiran gabus sabut kelapa. Sifatnya yang mampu menahan air dan unsur kimia pupuk serta menetralkan asam tanah. Sehingga cocok dijadikan sebagai media tanaman hortikultura dan rumah kaca.

Setelah kita mengenal ragam manfaat buah kelapa dari bunga hingga akar. Ada baiknya kita juga mengenali sejarahnya. Pohon kelapa ada sejarahnya, wow ya ! tetapi faktanya memang iya. Karena setiap jenis apapun yang tumbuh di bumi pasti memiliki sejarahnya sendiri.

Baca juga: Kerajinan Tangan Dari Kain Perca Bisa Untuk Berbisnis

Sejarah Pohon Kelapa

Berbicara tentang pohon kelapa ternyata sejarahnya berkaitan dengan cinta, sesuatu yang melambangkan keindahan bumi Indonesia. Sedangkan pohon kelapa itu sendiri merupakan pohon nasional mereka, bagi orang Maladewa.

Pohon kelapa ( Cocos Nucifera)  merupakan sebuah pohon tropis besar yang dapat menghasilkan buah kelapa. Dan berbagai macam manfaat yang didapat dari pohon tersebut.  Usia pohon bisa mencapai 100 tahun dan memiliki tinggi 98 kaki.

Jumlah Tanaman Kelapa di berbagai tempat di seluruh dunia saat ini cukup banyak. Terdapat kurang lebih 150 jenis pohon di dunia yang umumnya dapat dibagi menjadi dua, yaitu pohon kelapa kelompok kerdil dan kelompok yang tinggi. Tergantung pada sejauh mana tanahnya subur, Tempat tumbuhnya dimanah dapat menghasilkan jumlah Buah dan kualitas yang berbeda.

Tumbuh di tanah yang sangat subur dan sesuai dengan karakter tanahnya, pohon kelapa yang tinggi dapat menghasilkan hingga 75 buah Kelapa per tahun, tetapi lebih sering tidak bisa melewati jumlah 30 Buah. Akan tetapi, untuk saat ini bisa dilihat dari ketinggian yang cukup besar didalam praktek budidayanya. Berbeda tempat selalu memiliki perbedaan Jumlah, usia, besarnya Pohon kelapa dan kualitas Buah yang dihasilkan oleh Pohon kelapa tersebut.

Agak berbeda dengan Kelapa sawit yang lebih cocok di daerah pesisir dengan kontur tanah berpasir dan juga tingkat kelembaban yang tinggi. Udara asin merupakan faktor kunci, juga. Untuk pertumbuhan yang baik pohon kelapa juga perlu pancaran sinar matahari yang tercukupi.

Kata kelapa kemungkinan besar berasal dari Spanyol dan Portugis kata coco yang memiliki arti senyum , “ Bulat Mulut” karena kemiripan buah kelapa mirip dengan kepala manusia.  Karena ada 3 lekukan pada shell buah. Nucifera merupakan Bahasa latin yang mempunyai arti kacang – bearing. Dimana Fero berarti saya memberikan dan nux kacang.

Pohon kelapa tumbuh dihutan hujan tropis dan daerah subtropis. Pohon ini secara luas tersebar di Malaysia, Asia Selatan, India, Amerika dan kepulauan Pasifik.  Pohon membutuhkan hangat yang cukup untuk pertumbuhan yang subur.

Pertumbuhan tanaman pohon kelapa secara optimal dapat dicapai dengan suhu rata–rata 81 F. Sementara dengan suhu 70 F sedangkan pada kondisi tersebut kelapa tidak dapat berbuah dengan baik. Untuk bertumbuh dengan baik maka pohon kelapa membutuhkan suhu rata – rata 53- 56 F setiap hari sepanjang tahunnya. Jumlah  melebihi angka 1000 mm per tahun. Dan sinar matahari sangat diperlukan untuk pertumbuhan yang optimal dan buah yang kering dan kadar air rendah.

Di seluruh dunia pohon kelapa tumbuh di kurang lebih 80 negara.  Pohon yang hampir tidak mungkin dibudidayakan di masa kering. Mereka membutuhkan iritasi konstan atau daun baru tidak akan mengembang dan orang – orang cenderung menjadi kering. Maka hasil didapat pun tidak akan bisa.  Dengan begitu kita harus mengolahnya dengan baik, pasalnya pohon seribu manfaat ini juga bisa digunakan terutama dalam kerajinan dari sabut kelapanya.

Demikian artikel yang bisa dibagikan  mengenai pohon seribu manfaat. Perlunya kita mengenal untuk mengetahui sisi dari setiap hal terutama pohon, bunga, dan sebagainya. Dengan begitu kita tidak akan punah dalam berilmu dan berpengetahuan luas.