Kerajinan Tangan Unik dan Mudah dari Barang Bekas

Posted on
Kerajinan Tangan Unik dan Mudah dari Barang Bekas
foto: Hamparan.net

Kerajinan tangan unik dan mudah dari barang bekas bisa dibuat oleh siapa saja. Bahkan siswa sekolah pun sedari dini sudah diajarkan untuk membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Hal ini tak lain untuk meningkatkan kreatifitas para siswa serta mengajarkan siswa untuk mulai peduli dengan lingkungan. Dengan membuat kerajinan tangan dari barang bekas secara tidak langsung kita turut andil dalam program Go Green yaitu Re-use ( menggunakan kembali ), Reduce (  mengurangi ) dan Recycle ( mendaur ulang ).

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya penggunaan plastik pada kehidupan manusia saat ini sungguh banyak. Hampir di setiap mata memandang pasti ada barang berbahan dasar plastik di lingkungan sekitar kita. Sedangkan kita juga tahu bahwa proses penguraian plastik di alam semesta ini membutuhkan waktu yang lama bukan 1 atau dua tahun namun mencapai puluhan bahkan ratusan tahun lamanya. Sehingga untuk mengurangi dampak dari banyaknya sampah plastik yang harus diurai oleh bumi maka ada baiknya kita mulai membuat sebuah karya berbahan dasar barang bekas.

Salah satu kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat adalah barang bekas berbahan dasar plastik. Barang bekas berbahan dasar plastik ini antara lain botol, sedotan, tutup botol, ember dan masih banyak lainnya.Barang bekas seperti plastik banyak yang di daur ulang oleh masyarakat dikarenakan bahan dasar plastik ini yang mudah untuk dibentuk. Sehingga tak heran plastik menjadi salah satu kerajinan tangan unik dan mudah dari barang bekas.

Kerajinan Tangan Unik:

Dari berbagai macam barang bekas yang di daur ulang, botol menjadi salah satu barang bekas yang menjadi idola untuk dijadikan barang baru. Berikut kerajinan tangan dari botol bekas yang dapat Anda lakukan di rumah :

1. Lampu gantung.

kerajinan lampu gantung dari botol bekas
foto: RumahGila.com

Ingin punya lampu gantung di rumah yang beda dari biasanya. Maka lampu gantung berbahan dasar botol plastik ini bisa menjadi salah satu solusinya. Bahan-bahan untuk membuat lampu gantung ini pun tersedia di lingkungan sekitar kita. Sediakan botol bekas yang sama ukurannya, potong memjadi dua bagian. Lalu sediakan lampu, kabel, dan lem tembak.

Setelah bahan-bahan tersedia, sekarang waktunya untuk mulai membuat lampu gantung cantik ini. Botol bekas yang sudah di potong menjadi dua bagian, ambil bagian botol yang ada leher botolnya. Lalu pada bagian botol itu gunting memanjang sesuai pola yang diinginkan. Setelah semua botol di gunting, lalu rangkai botol-botol itu membentuk sebuah lingkaran.

Satukan semuanya dengan cara di tempel atau pun diikat dengan benang. Jangan lupa masukkan lampu dan kabelnya didalam lingkaran botol tersebut. Susun dengan rapi.  Kemudian tes lampunya apakah bisa menyala dengan baik. Jika sudah tidak ada masalah maka lampu gantung itu siap menghiasi sudut rumah anda.

2. Celengan.

celengan babi dari barang bekas
foto: Kesekolah.com

Ketika anda ingin mengajarkan cara menabung pada anak anda namun anda bingung bagaimana memulainya. Maka memberikan celengan berbentuk lucu kepada anak anda adalah solusinya. Celengan lucu itu tidak harus anda beli dengan harga yang mahal. Anda bisa membuatnya sendiri dengan barang-barang bekas yang ada di rumah anda. Misalnya saja seperti gambar di atas, celengan babi yang dibuat dari botol bekas minuman.

Anda hanya membutuhkan botol bekas, gunting, cat, karton dan lem untuk membuat celengan lucu seperti gambar di atas. Cara membuatnya pun cukup mudah. Botol bekas yang sudah di cuci bersih kemudian di buat lubang di salah satu sisinya sebagai akses uang masuk.  Kemudian cat sebagian botol bekas itu yang akan menjadi badan dari karakter yang akan dibentuk dengan menggunakan warna sesuai keinginan anda.

Lalu buatkan telinga dengan menggunakan karton yang telah dibentuk dan diberi warna. Tempelkan karton telinga itu di kedua bagian botol dengan cara lubangi botol di area bagian telinga setelah itu masukkan sebagian karton telinga yang sudah jadi ke dalam botol. Terakhir buatlah kaki-kaki karakter dengan menggunakan gulungan kecil karton, beri warna lalu tempelkan di botol itu. Untuk penyelesaian akhirnya haluskan lubang-lubang yang dibuat di botol serta cat ulang bagian badan, mulut dan kaki dari karakter itu.

Baca juga: Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Limbah Organik

3. Pot kembang.

kerajinan pot dari botol bekas
foto: Rimma.co

Jika anda bosan dengan meja kerja anda yang terlalu monoton dan tidak segar. Maka anda perlu melakukan perubahan pada meja kerja anda. Bisa dengan merapikan berkas-berkas yang sudah tidak digunakan atau juga menambah aksesoris pada meja anda. Salah satu aksesoris yang bisa dipilih adalah dengan menambahkan pot tanaman pada meja anda, tentu tanaman yang dipilih adalah tanaman yang bisa hidup di dalam ruangan. Untuk potnya sendiri anda tidak perlu mengeluarkan uang yang lumayan mahal, anda bisa membuat pot dengan barang bekas yang ada disekitar anda.

Pot tanaman seperti gambar diatas bisa menjadi alternatif penghias meja kerja anda. Murah meriah dan lucu tentunya akan menambah semangat anda dalam bekerja. Cara membuat pot tanaman seperti itu sangatlah mudah. Sediakan botol bekas yang sudah di cuci bersih. Lalu potong 2 bagian dan potonglah sesuai pola karakter yang anda inginkan.

Setelah dipotong sesuai dengan pola kemudian ambil bagian bawah botol yang sudah di potong tadi kemudian cat sesuai dengan warna yang diinginkan. Untuk menambahkan kesan lucu bisa ditambahkan gambar mata, hidung, mulut dan telinga dengan menggunakan pensil warna atau pun cat air. Jemur hingga kering, tambahkan tanaman didalamnya. Kemudian pot tanaman pun siap dipajang di meja kerja anda.

4. Tempat uang.

kerajinan tempat koin dari botol bekas
foto:jualbungaplastik.com

Dompet menjadi salah satu kebutuhan masyarakat di era modern saat ini. Meskipun penggunaan uang kertas ataupun koin sudah tidak sesering dulu karena mulai digunakannya uang digital. Namun penggunaan uang koin di beberapa tempat masih sering dijumpai. Kendala yang sering dijumpai dalam penggunaan uang koin adalah tempat menyimpan uang koin tersebut. Karena biasanya dompet yang kita gunakan hanya membatasi bisa menyimpan uang koin maksimal 5 koin. Sedangkan jika kita punya banyak uang koin, kita butuh tempat khusus untuk menyimpan uang koin tersebut.

Hal ini di baca oleh para penggiat kerajinan tangan dari barang bekas. Mereka membuat kerajinan tangan unik dan mudah dari barang bekas. Dengan bermodalkan botol bekas dan resleting, kita bisa membuat tempat uang koin yang unik.

Baca juga: Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kertas Origami

5. Tempat pensil.

tempat pensil dari botol shampo
foto: seputarkudus.com

Satu lagi produk unik yang bisa dihasilkan dari barang bekas adalah tempat pensil. Tempat pensil seperti gambar di atas dibuat dari botol shampoo bekas. Botol shampoo yang sudah dibersihkan di gunting berdasarkan pola karakter yang diinginkan. Kemudian buatkan pola mata, mulut dan tangan dengan kertas, lalu diberi warna. Setelah mata, mulut dan tangan sudah jadi lalu tempelkan ke botol shampoo tersebut dengan menggunakan lem tembak. Masukkan alat tulis kedalam tempat pensil tersebut. Kini meja kerja anda ataupun meja belajar si kecil lebih meiah dengan kehadiran tempat pensil lucu ini.