10 Kerja Sampingan Sabtu Minggu Yang Menguntungkan

Posted on

Kerja sampingan Sabtu Minggu biasanya ditekuni oleh mahasiswa atau pelajar yang masih belum terlalu ingin mengganggu akademisnya. Kerja sampingan atau Bahasa kerennya parttime ini menghasilkan uang jajan yang lumayan sekali. Meskipun tidak sebanyak uang pemberian dari orang tua ataupun uang jajan pada semestinya.

Uang hasil kerja sampingan tersebut kemudian ditabung, tanpa sadar tiba-tiba menjadi banyak sekali. Nah, berikut ini akan dibahas mengenai pekerjaan sampingan di akhir pekan yang dapat kamu coba untuk meningkatkan pendapatan dan untuk tabungan masa depan.

Pekerjaan Sampingan yang Ringan dan Menghasilkan:

1. Bisnis Online

Bisnis Online sendiri merupakan pekerjaan sampingan yang sangat fleksibel sekali, kamu bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Bahkan tidak harus menunggu waktu Sabtu atau Minggu untuk menjalankannya. Di malam hari pun kamu tetap bisa menjalankan bisnis sampingan ini. Bisnis Online bisa dengan berjualan apa pun, baju, makanan, mainan dan lain sebagainya.

Bisa menggunakan sistem dropship atau dengan sistem pre-order agar tidak mengalami kerugian. Bisnis Online dengan dua sistem tersebut tidak memerlukan biaya yang besar. Kalau kamu memang tidak sempat menjualnya di hari biasa, maka memaksimalkan penjualan di akhir pekan. Katakana saja kalau kamu baru sempat update barang di hari tersebut, pembeli pastinya akan mengerti.

2. Blogging

Anda suka menulis? Tahu tidak kalau kegiatan menulis itu bisa menghasilkan uang yang sangat besar sekali? Coba saja untuk membuat blog atau website sendiri daripada kamu mencari pekerjaan sampingan kesana kemari. Ada banyak sekali platform penyedia web gratis untuk para blogger. Kalau ingin yang bagus sekalian, bisa menggunakan platform yang berbayar agar bagus sekalian.

Seharian di akhir pekan, kamu bisa melakukan kegiatan blogging ini, kamu bisa membuat konten yang benar-benar hangat ataupun jenis konten apa pun yang kamu suka. Intinya konten tersebut harus menarik dan disukai oleh pembaca. Tingkatkan terus traffic pembaca kamu dengan teknik SEO yang bisa kamu pelajari di mana pun. Kemudian blog tersebut di monetisasi agar mendapatkan penghasilan dari iklan yang tampil di blog kamu.

3. Jualan di car free day

Kamu bisa jualan minuman, makanan, pakaian apa pun itu di Event car free day yang biasanya ada setiap minggunya. Manfaatkan juga momen lainnya seperti bazar atau Event tertentu. Kamu bisa membuka stand dengan harga yang murah kalau sedang beruntung, atau kamu bisa berjualan secara keliling. Jangan patah semangat dan jangan malu untuk menawarkan dagangan yang kamu bawa.

Semuanya akan kembali pada dirimu, hal yang harus kamu ingat adalah bahwa orang lain tidak memberimu makan. Hasil yang lumayan akan kamu dapatkan, ketika kamu menyadarinya maka kamu akan terkejut sendiri.

Berjualan di car free day itu sebenarnya tidak sulit kok, cukup mengikuti peraturan yang ada. Misalnya dengan tidak berjualan di trotoar atau area tertentu yang dilarang. Pasar dadakan yang diadakan di suatu daerah atau suatu organisasi bisa kamu jadikan sebagai lapak jualan juga lho.

Baca juga: Usaha Yang Laku Setiap Hari

4. Jasa keterampilan

Kamu memiliki keahlian yang tidak dimiliki oleh orang lain? Misalnya kamu bisa membuat kerajinan tangan yang unik dan juga kreatif, maka kamu bisa memanfaatkan hal itu untuk memulai bisnis kamu sendiri. Kerajinan tersebut bisa kamu buat di hari Sabtu dan Minggu, sehingga aktivitas utama Anda tidak akan terganggu. Kalau kamu masih kuliah ataupun sekolah, maka kamu sangat bisa sekali untuk mengerjakan pekerjaan ini. Contohnya kamu bisa membuat sebuah kerajinan kap lampu yang sangat indah dan menarik sekali.

Kamu bisa mulai memasarkan kap lampu handmade buatanmu itu di toko Online, ketika ada pesanan kamu bisa mengerjakannya di akhir pekan. Tidak melulu harus soal kerajinan tangan saja, misalnya kamu bisa desain atau editing video, kamu bisa menjual jasamu itu pada yang membutuhkan. Intinya, lihat saja apa yang sedang digemari oleh banyak orang, pandai-pandailah memanfaatkan momen.

5. Penyiar radio

Menjadi penyiar radio adalah pekerjaan yang sangat keren sekali, kamu bisa mendapatkan uang sekaligus dikenal oleh banyak orang dalam satu waktu yang bersamaan. Pekerjaan sebagai penyiar ini merupakan pekerjaan yang hanya cocok untuk orang berjiwa kreatif serta memiliki jiwa sosial yang tinggi. Menjadi seorang penyiar radio sendiri tidak memerlukan waktu yang terlalu panjang, cukup bekerja di jam siaran saja. Kamu bisa memilih jam siaran di akhir pekan atau Sabtu Minggu saja agar tidak mengganggu akademis kamu.

6. Pelatih renang

Kamu bisa berenang? Maka kamu juga bisa melatih renang anak-anak. Anak-anak sangat senang sekali mengisi akhir pekan mereka dengan kegiatan yang menyenangkan, berenang misalnya selain dari pada bermain. Untuk menjadi pelatih renang, kamu tidak perlu memiliki kolam renang sendiri. Cukup dengan kolam renang umum saja kamu sudah bisa mengajari anak-anak untuk berenang.

Kamu bisa mencari murid sebanyak-banyaknya agar bisa mendapatkan banyak penghasilan. Kenapa bisa banyak? Sebab belajar berenang biasanya dihitung per jamnya, jika satu sesi 1 – 2 jam, maka dalam sehari akan ada banyak sesi dengan banyak murid yang kamu latih. Wow menguntungkan sekali bukan? Jangan lupa untuk terus memperhatikan si anak agar tidak kram saat berlatih.

7. Menjadi tour guide

Kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang cukup baik? Jangan hanya berhenti di kamu saja kemampuan bahasa asing tersebut. Manfaatkan dengan sebaik mungkin, kamu bisa menjadi tour guide bila kamu meniatkannya dengan sungguh-sungguh. Akan menjadi sangat mudah sekali bila kamu sudah memiliki pengetahuan tentang sejarah dan juga lokasi wisata yang akan kamu jadikan lahan tour guide tersebut. Kamu bingung ingin mulai dari mana? Mulailah dengan bergabung dengan agen perjalanan yang ada di kota kamu.

Tour guide atau pemandu wisata hanya bekerja pada musim liburan saja, misalnya pada hari Sabtu dan juga minggu. Tentunya ini tidak akan mengganggu aktivitas lain kamu bukan? Pekerjaan yang satu ini merupakan pekerjaan yang sangat menyenangkan, kamu bisa sekalian jalan-jalan ke tempat wisata bersama dengan orang baru. Bisa sekalian dijadikan ajang untuk melepas lelah dan juga penat akibat kegiatan selama satu minggu penuh.

8. Jadi ojek Online

Mahasiswa sudah banyak yang punya motor, motor sendiri merupakan sarana dari orang tua untuk membantu aktivitas sehari-hari mahasiswa rantau. Kenapa tidak dimanfaatkan saja sekalian untuk mencari uang tambahan jajan? Kamu bisa mendaftar menjadi ojek Online dari berbagai macam platform. Saat ini ada dua perusahaan ojek Online besar yang ada di Indonesia, terserah kamu pilih yang mana.

Mencari penumpang pada hari Sabtu dan minggu akan memberikan pemasukan yang lumayan besar untuk kamu. Misalkan satu penumpang memberikan 10 sampai dengan 15 ribu, bayangkan bila dalam 2 hari tersebut kamu mendapatkan kira-kira 10 penumpang. Berapa uang yang akan kamu dapat? Wow banyak sekali ya, ayo mulai bergerak.

9. Bekerja di Event organizer

Event organizer merupakan suatu usaha yang bergerak untuk membantu menyelenggarakan sebuah acara. Pada hari Sabtu atau minggu biasanya sebuah acara outdoor dilaksanakan, bisa berupa konser, party dan lain sebagainya. Kamu bisa menjadi tenaga di salah satu EO yang membutuhkan. Saking besarnya acara yang diselenggarakan, biasanya EO ini membutuhkan tenaga tambahan yang lumayan banyak. Kamu bisa menjadi apa saja di dalam EO tersebut, entah itu tenaga dekor, tenaga katering dan lain sebagainya yang membutuhkan koordinasi dengan tim.

10. Penjaga warnet

Sistem kerja jaga warnet adalah sistem shift, jadi operator warnet sendiri bisa menentukan ingin masuk bekerja pada hari apa. Namun tentunya dengan kesepakatan dari tim dan pemilik warnet terlebih dahulu. Kamu bisa memilih untuk bekerja pada hari Sabtu dan minggu saja, atau pada hari yang sedang kosong. Gaji dari jaga warnet ini sendiri juga lumayan, kamu bisa membeli pakaian yang lebih banyak, membeli kuota, membeli bensin dan membeli banyak hal lain yang sebelumnya tidak bisa kamu beli akibat dari uang kiriman orang tua yang pas-pasan.

Baca juga: Bisnis Modal Kecil

Keuntungan Bekerja Sampingan Apa Sih?

Lalu apa keuntungan melakoni kerja sampingan Sabtu Minggu ini? Tentunya banyak sekali dibandingkan kamu hanya main tidak jelas pada akhir pekan tersebut. Kamu jadi bisa punya tabungan yang dapat kamu gunakan sewaktu-waktu ketika butuh. Kamu jadi bisa membeli barang kebutuhanmu lebih cepat, kamu jadi bisa memiliki barang-barang yang sebelumnya tidak bisa kamu beli. Pokoknya banyak sekali, asalkan kamu mau bersabar dan juga telaten dalam bekerja.

Bila kamu adalah seorang mahasiswa atau pelajar, memang tugas utama kamu saat ini adalah belajar dan lulus dengan baik. Namun apa salahnya bila melakukan pekerjaan sampingan? Selain menambah uang jajan juga bisa mengisi waktu luang bukan? Hal itu sekaligus meminimalisir kamu untuk ikut-ikutan hal yang tidak-tidak.

Kamu nantinya jadi lebih bisa menghargai waktu dan juga uang yang diberikan oleh orang tua. Pada akhirnya kamu sadar bahwa mencari uang itu sulit sekali, maka kamu akan menggunakan uang yang kamu miliki dengan bijak dan hanya membeli barang-barang yang benar-benar butuh saja.

Banyak sekali sisi positif yang bisa kamu dapatkan saat kamu melakoni pekerjaan sampingan di akhir pekan. Memang waktu kamu bermain bersama teman-teman akan berkurang, kamu pastinya akan merasakan kesepian. Namun kamu tidak boleh larut dalam perasaan itu, sebab dalam proses bekerja sampingan itu juga terdapat pembelajaran yang tidak akan didapatkan di mana pun.

Jika kamu tidak ingin bekerja sampingan dan ingin fokus saja dengan kegiatan yang saat ini kamu tekuni, tidak apa-apa. Uang pas-pasan yang dikirimkan orang tua dari rumah juga bukan merupakan sebuah penghalang bagi kamu. Kalau kamu selalu merasa kurang, maka kamu harus menghemat uang yang kamu miliki agar bisa sampai dan cukup di akhir bulan.

Pengaturan keuangan harus dilakukan dengan sebaik mungkin agar tidak keteteran dan berujung hutang sana hutan sini. Namanya hutang tetap harus wajib dibayar, ketika kirimanmu datang lalu kamu membayar hutang dan akhirnya mengalami kekurangan lagi, sama saja dengan gali lubang tutup lubang.

10 jenis kerja sampingan Sabtu Minggu tadi semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang pusing mencari pekerjaan. Tetap semangat ya!