Pengertian UKM Adalah Serta Contoh Bisnis UKM Yang Sukses

Posted on

UKM adalah Singkatan dari Usaha Kecil Menengah yang artinya Usaha ini memiliki kekayaan netto atau bersih paling banyak Rp 200.000.000 nilai ini juga tidak termasuk untuk nilai dari tempat usaha atau lahan. Untuk nilai penjualan total setiap tahunnya tidak lebih dari Rp 1.000.000.000, tidak berbadan hukum atau miliki perorangan.

UKM atau UMKM di Indonesia ini memiliki peran yang sangat besar untuk bidang perekonomian. Hal ini terbukti ketika Indonesia mengalami krisis moneter pada tahun 1997. Pada waktu itu banyak perusahaan yang tumbang, namun bisnis UMKM dan UKM justru tetap berjalan. Bahkan UM dan UMKM ini menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Mungkin ada yang pernah kuliah di berbagai jurusan ada mata kuliah kewirausahaan. Hal ini memang di fungsikan agar setelah kuliah Anda bisa berwirausaha. Biasanya Anda akan dikenalkan dengan UKM dan akan ada beberapa presentasi Makalah UKM. Untuk Anda yang belum pernah UKM di bangku kuliah bagaimana? Untuk lebih lanjut mengenai UKM Anda bisa membaca paragraf selanjutnya.

Perbedaan UKM dan UMKM

Pernah kan Anda beripikir Kepanjangan UKM itu apa ya? Unit Kecil Menengah (UKM). Sedangkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) sudah di atur dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2008. Dalam undang-undang sudah dijelaskan mengenai UKM dan UMKM. Dua hal tersebut secara jelas diperinci Jadi ada 3 pembagian dalam UMKM, dan UKM adalah bagian darinya.

Pengertian UKM dan UMKM yaitu jenis usaha yang dipisahkan menurut omset dan juga kriteria aset. Berikut ini penjelasan lebih detailnya. Menurut undang-undang berikut ini penjelasan tentang UMKM.

Ciri Ciri UMKM:

  • Usaha mikro adalah satu usaha yang produktif milik badan usaha perorangan atau orang perorangan. Usaha tersebut bisa dikatakan sebagai usaha mikro jika memiliki kriteria sesuai dengan udang-undang. Adapun kriterianya yaitu memiliki aset dari 50 juta sampai 500 juta. Sedangkan omset yang harus di miliki maksimal 300 juta.
  • Usaha kecil yaitu usaha yang di miliki oleh badan usaha miliki perorangan atau miliki orang perorangan. Badan usaha yang dimaksud bukan cabang dari suatu perusahaan ataupun anak perusahaan. Usaha ini bukan dikuasai dari usaha besar. Yang dimaksud dalam usaha ini adalah usaha yang memiliki omset 300 juta sampai 2,5 milyar. Sedangkan kriteria asetnya yaitu 50 juta sampai 500 juta.
  • Usaha menengah yaitu usaha ekonomi yang produktif yang di miliki oleh orang perorangan atau usaha perorangan. Usaha ini bukan cabang ataupun anak perusahaan dari usaha mikro dan usaha kecil. Kriteria aset yang di miliki yaitu 500 juta sampai 10 milyar, sedangkan omset yang di miliki lebih dari 2.5 milyar sampai 50 milyar.

Baca juga: Contoh Bisnis Modal Kecil Usaha Online dan Offline

Ciri Ciri UKM:

  • Menurut departemen perindustrian dan perdagangan, pengusaha kecil dan menengah merupakan industri tradisional, metode, kerajinan yang memiliki investasi kurang dari 70 juta. Hal ini berlaku degan adanya risiko investasi tenaga atau modal kurang dari 625.000 dan usaha ini milik warga Indonesia.
  • Menurut surat edaran Bank Indonesia KUK (Kredit Usaha Kecil) yaitu usaha yang memiliki total aset 60 juta. Total tersebut belum termasuk rumah dan juga tanah yang di tempati.

Dari beberapa peraturan yang telah di jelaskan Anda tentunya sudah tahu bukan, Perbedaan UKM dan UMKM. UKM dan UMKM memiliki perbedaan pada investasi dan total aset yang di miliki.

4 Kriteria UKM di Indonesia berdasarkan perkembangannya:

  • Livelhod activies yaitu UKM yang dimanfaatkan untuk mencari nafkah yang lebih umum dikenal dalam sektor informal. Contohnya pedagang kaki lima.
  • Micro Enterprise, UKM yang memiliki sifat pengrajin yang belum memiliki sifat kewirausahaan.
  • Small Dynamic Enterprise yaitu UKM yang memiliki jiwa untuk berwirausaha dan juga mampu menerima pekerjaan ekspor dan subkontrak.
  • Fast moving enterprise, UKM yang memiliki jiwa berwirausaha dan akan bertransformasi menjadi usaha Besar (UB).

Perbedaan UKM Dan StartUp

Selain UKM dan juga UMKM, ada juga istilahnya startup. Ada yang mengatakan bahwa UKM dan starup adalah dua hal yang sama. Padahal keduanya itu beda. Banyak yang mengatakan bahwa startup adalah bisnis yang memanfaatkan teknologi dalam keseluruhan aktivitasnya. Bukan hanya produksinya yang menggunakan teknologi konsumen pun harus menggunakannya untuk menikmati layanannya.

Start up sebenarnya sudah mulai berkembang sejak tahun 1990an. Pada tahun tersebut banyak perusahaan yang berbasis teknologi. Sampai saat ini start up masih disebut sebagai bisnis yang dirintis dengan menentukan model bisnis. Perbedaan yang paling mendasar antara UKM dan start up yaitu produk atau jasa yang dihasilkan. Contohnya yaitu produk digital. Sebagian perusahaan start up merupakan perusahaan yang baru berdiri. Perusahaan tersebut masih banyak mencari pasar yang cocok dan tepat untuk bisnis mereka.

Start up di Indonesia dari perusahaan besar dapat dikatakan sukses itu sangat spesifik. Rata-rata perusahaan start up yang sukses bergerak dalam bidang Marketplace transportasi, e-commerce dan juga website Online Booking. Kemudian bagaimana perkembangan startup dan juga UKM di Indonesia? Keduanya memiliki peran masing-masing, baik UKM maupun start up dalam memajukan perekonomian.

UKM ini jenis usah yang menghasilkan produk yang bisa langsung dinikmati konsumen. Misalnya saja usaha kuliner, Fashion dan juga karya seni. Sedangkan start up ini sudah yang bergerak dalam bidang jasa. Misalnya saja cloud based service, aplikasi atau software dan digital marketing agency. UKM menggunakan internet sebagai sarana untuk proses pemasaran saja.

Start up menggunakan internet sebagai jantungnya bisnis. Hal ini dikarenakan internet memang menjadi awal dari start up, mulai awal sampai sukses pun masih menggunakan internet. UKM memiliki batas produksi karena bergantung pada sumber daya manusia dan juga bahan baku. Sedangkan pada start up tidak terlalu membutuhkan banyak Sumber Daya Manusianya.

Contoh Bisnis UKM:

  • UKM dalam bidang Fashion

Berbisnis Fashion menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Bagaimana tidak? Fashion ini selalu dicari oleh khalayak umum dan pastinya mereka membutuhkan. Selain itu Fashion atau pakaian merupakan kebutuhan sekunder manusia yang harus di penuhi. Hanya saja, ketika Anda berbisnis harus mengetahui model yang sedang tren. Biasanya masyarakat akan memburu model yang sedang Hits pada waktu itu.

Teknologi yang semakin canggih ini memberikan peluang yang bagus juga untuk dunia Fashion. Semakin lama semakin banyak model pakaian yang dijual. Ketika Anda menjalankan bisnis Fashion sekarang pemasaran yang dilakukan tidak hanya melalui toko saja. Zamannya Online Shop, Anda bisa menumpang promo di situs yang sudah terkenal ataupun membuat situs sendiri. Apalagi jika musim Ramadhan tiba atau lebaran tiba. Banyak pakaian muslim yang di buru oleh masyarakat.

  • UKM dalam bidang kuliner.

Siapa sih yang bosan dengan namanya makanan? Tentunya makanan ini menjadi bisnis yang akan berlaku sepanjang zaman. Hal ini karena memang makanan menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Untuk berbisnis kuliner Anda memiliki banyak pilihan. Ada makanan ringan, minuman, makanan berat, dan juga jenis kuliner lainnya. berbagai kategori kuliner ini memang memiliki potensi yang bagus. Tapi hal ini juga di dukung dengan pemasarannya yang Handal juga.

Salah satu contoh Bisnis UKM dalam bidang kuliner yang sukses yaitu Tahu Jelotot Taisi yang dimiliki oleh bapak Rudi dari Depok. Usaha yang digeluti ini dipasarkan melalui internet. Sistem yang digunakan yaitu waralaba. Dan ternyata hasilnya menjadikan pengusaha kuliner ini sukses maju pesat. Sekarang beliau sudah memiliki banyak mitra tahu jelolot yang ada di sekitar Jabotabek.

  • UKM dalam bidang pendidikan.

Salah satu Bisnis UKM kreatif yang bisa menjadikan pendidikan sebagai UKM. Pendidikan menjadi suatu wadah yang digunakan untuk meneruskan bangsa. Pendidikan yang merupakan suatu hal yang penting ini membutuhkan sarana pendidikan yang berkualitas. Untuk itu, hal ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan. Anda bisa memanfaatkan keahlian atau keterampilan Anda dalam bidang tertentu.

Contohnya saja pendidikan robot terbesar di Indonesia yaitu Robota School. Lembaga pendidikan ini memang tidak menyentuh semua kalangan masyarakat. Hanya kalangan tertentu, namun lama-lama pendidikan robotika ini dapat menyebar ke seluruh Indonesia. Kumpulan contoh sukses lainnya yaitu lembaga pendidikan bahasa inggris, International Language Program (ILP). Adanya perkembangan dunia kerja yang membutuhkan karyawan untuk menguasai bahasa Inggris menjadi peluang usaha. ILP ini menyediakan bisnis dengan sistem waralaba.

  • UKM dalam bidang teknologi internet

Teknologi yang semakin berkembang pesat ini menjadikan banyak orang semakin berusaha untuk bersaing. Persaingannya tidak hanya dalam dunia real saja tapi juga dunia maya. Sekarang banyak juga toko Online yang sukses dibandingkan dengan toko yang real. Hal ini bukanlah menjadi suatu hal yang baru. Bisnis UKM yang dimaksudkan dalam pembahasan ini adalah bisnis internet dalam jangka panjang atau start up.

Banyak jenis start up yang sudah di terapkan di Indonesia, contohnya saja dalam bidang E-Commerce, aplikasi, marketing Online dan masih banyak lagi. Salah satu bisnis yang unik lagi yaitu komik digital. Selain itu star up yang terkenal lagi yaitu bukalapak. Situs E-Comerce ini menjadi pelopor keamanan dalam bertransaksi Online. Masih banyak contoh lainnya yang sekarang berkembang di Indonesia. Pasar Online ini memiliki potensi yang pesta untuk masa depan.

  • UKM dalam bidang agrobisnis.

Indonesia ini memiliki tanah yang begitu subur dan makmur. Bisa dibuktikan dengan adanya berbagai macam sayuran di setiap kota. Bahkan masing-masing kota memiliki khas sayuran masing-masing. Nah, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai peluang bisnis Anda. Apalagi sayuran ataupun kebutuhan pangan menjadi kebutuhan pokok. Masyarakat Indonesia juga bisa menjadikan bisnis ini menjadi peluang untuk mengekspor sayuran ke luar negeri.

Selain itu yang termasuk dalam bidang agrobisnis yaitu peternakan. Selain protein nabati atau protein tumbuhan yang Anda dapatkan, Anda juga butuh protein hewani. Hal ini juga bertujuan untuk menyokong pertumbuhan dan perkembangan manusia. Bisnis dalam bidang peternakan ini banyak menuahkan hasil yang sukses di Indonesia. Namun banyak kaum muda yang kurang tertarik dengan bisnis ini. Hal ini dikarenakan mereka menganggap bisnis peternakan ini hanya cocok untuk masyarakat pedesaan.

Baca juga: Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan

  • UKM dalam bidang otomotif.

Dunia otomotif semakin lama semakin berkembang pesat. Hal ini dapat di buktikan dengan banyaknya jumlah sepeda motor dan juga mobil. Hal ini bisa Anda jadikan peluang bisnis yang menjanjikan jika Anda bisa mengelolanya. Untuk berbisnis otomotif tidaklah harus besar. Anda bisa memulainya perlahan tapi pasti dan membutuhkan waktu jangka panjang.

Banyak usaha yang bisa Anda lakukan dalam bidang otomotif. Diantaranya dengan membuka jasa bengkel dan juga spare part, jasa perlengkapan kendaraan bermotor dan jasa pencucian motor atau mobil. Masih banyak contoh lainnya yang bisa Anda lihat pada kenyataannya. Contohnya saja buka usaha bisnis helm. Mungkin hal ini Anda lihat kurang besar atau biasa saja. Namun, hal ini justru jika dijalankan dengan sungguh-sungguh bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Kunci kesuksesannya yaitu pemasaran yang dilakukan.

Contoh Kisah Pengusaha UKM Yang Sukses.

Pengusaha memiliki dua tipe yaitu pengusaha warisan dan penguasa yang memulainya dari nol. Pengusaha yang awal ini hanya melanjutkan dari orang tua yang sudah di rintis. Jenis pengusaha ini tinggal melanjutkan kesuksesan dari orang tua. Sedangkan untuk golongan kedua ini memang yang di rintis dari bawah sampai bisa menjadi sukses.

Untuk mewujudkan kata sukses itu membutuhkan banyak perjuangan. Jiwa pengusaha haruslah optimis dan juga pantang menyerah. Perjuangannya dimulai dengan mencari modal. Terkadang harus rela untuk berhutang pada bank. Namun Anda juga harus berkomitmen untuk bisa menjadikan usaha yang dilakukan sukses. Nah berikut ini ada beberapa contoh pengusaha yang sukses UKM yang bisa menginspirasi Anda.

  • Gibran Rakabuming.

Tentunya Anda tidak asing bukan dengan nama ini? ia alah anak dari Presiden Jokowi. Presiden memiliki bisnis mebel namun Gibran tidak mau meneruskan bisnis tersebut, tapi justru membuka bisnis weedding organizer dan katering. Gibran memulai usahanya dengan pinjam uang ke bank. Ia mengirim banyak proposal ke bank hanya saja satu yang berhasil. Dengan demikian ia membangun Chili Pari.
Pada awalnya Gibran ini melayani pesanan dalam jumlah yang kecil. Namun semakin lama semakin berkembang sampai pada pesanan ribuan orang. Ketika Jokowi menjadi Walikota di Solo ia tidak menerima order dari pemerintah setempat. Hal ini dilakukan supaya tidak ada yang beranggapan bahwa Gibran main mata dengan pemerintahan.

  • Susi Pudjiastuti.

Ibu Susi yang kini menjadi menteri. Awalnya ibu Susi ini adalah pengusaha yang tegas dan juga nyentrik. Kesuksesan yang kini di raih oleh ibu Susi ini dibangun dari nol. Ia bukan pengusaha turunan dari keluarganya, tapi ia merintis dari awal. ibu Susi hanya memiliki ijazah SMP. Ia memilih untuk menjadi pedagang pengepul ikan dibandingkan dengan sekolah. Perhiasan yang dimilikinya di jual untuk mendapatkan modal.

Semakin lama bisnis yang dikelola semakin berkembang pesat. Dan akhirnya ia harus meminjam bank untuk membeli pesawat agar lebih mudah dalam pengangkatannya barang. Lama-kelamaan ia dapat membeli sendiri pesawat dan kini mendirikan maskapai Susi air. Hal ini dilakukan untuk menjangkau masyarakat pedalaman.

  • Reza Nurhaliman.

UKM adalah salah sat usaha yang digeluti banyak kalangan di Indonesia. Seperti hanya Pemuda yang bernama Reza. Pemuda ini adalah pengusaha bisnis keripik setan. Reza meniti karirnya sendiri di usia yang ke 23. Ia memulai bisnisnya dengan mendirikan UKM dan bekerja sama dengan keripik lokal di Bandung. Pada awalnya Reza hanya memiliki modal 15 juta. Reza mempromosikan keripik setan dengan menggunakan media sosial Twitter dan juga dari mulut ke mulut.

Kesuksesan Maici atau keripik singkong ini menginspirasi banyak orang untuk berbisnis produk tersebut. Ada yang menggunakan ubi sebagai bahan bakunya dan ada yang menggunakan singkong juga. Yang lebih membanggakan lagi banyak pengusaha keripik pedas yang sukses ini dari kawula muda. Hal ini bisa jadi Reza mengaspirasi pemandu yang lainnya untuk bisa meniti karier seperti dia. Kini keripik setan yang dimiliki Reza sudah terdistribusi di luar kota.